29.3 C
New York
Thursday, August 29, 2024

Paralimpiade Paris 2024 Dimulai, Semangat Kesetaraan Menggema

Paris, MISTAR.ID

Paralimpiade 2024 secara resmi dibuka di Paris pada Kamis dini hari WIB, dengan sebuah upacara yang sarat akan warna dan harapan, menandai dimulainya 11 hari kompetisi olahraga bagi para penyandang disabilitas.

Kota Paris, yang masih diliputi euforia dari suksesnya penyelenggaraan Olimpiade sebulan lalu, kembali menjadi panggung megah untuk perhelatan olahraga internasional ini.

Presiden Republik Prancis, Emmanuel Macron, secara resmi membuka Paralimpiade 2024 dari tribun kehormatan di Place de la Concorde, sebuah lapangan terkenal di pusat Paris. “Saya umumkan Paralimpiade ini dibuka,” ucap Macron, menyambut ribuan atlet dan penonton yang hadir pada Rabu malam waktu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Selama sebelas hari ke depan, mulai 29 Agustus 2024, sebanyak 4.000 atlet dari 184 negara, termasuk Indonesia, akan bersaing dalam 22 cabang olahraga. Mereka akan memperebutkan 549 medali emas, membawa semangat perjuangan dan kesetaraan di panggung internasional.

Baca juga: Jackie Chan Ditunjuk Sebagai Pembawa Obor Paralimpiade Paris 2024

Pembukaan Paralimpiade Paris 2024 diadakan di Place de la Concorde, menandai pertama kalinya upacara pembukaan Paralimpiade diselenggarakan di tempat terbuka.

Paris, yang juga menggelar upacara pembukaan Olimpiade 2024 sebulan lalu di sepanjang Sungai Seine, memilih lokasi ikonik ini untuk memulai ajang olahraga terbesar bagi para penyandang disabilitas.

Jika upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 berlangsung megah di Jardins du Trocadero dengan latar belakang Menara Eiffel, Paralimpiade 2024 tak kalah monumental dengan menggelar parade atlet di Champs-Elysees, berakhir di Place de la Concorde.

Lokasi ini tidak hanya menjadi saksi sejarah, tetapi juga simbol dari semangat kesetaraan dan inklusivitas yang dibawa oleh Paralimpiade.

Baca juga: Maulana Rifky Kejar Personal Best dalam Debutnya di Paralimpiade 2024

Place de la Concorde, yang terletak di antara Champs-Elysees dan Jardin des Tuileries, merupakan salah satu ruang publik paling megah dan menggugah di jantung kota Paris.

Lapangan terbesar di Paris ini, yang kedua terbesar di Prancis setelah Place de Quinconces di Bordeaux, dibangun antara 1757 dan 1779. Awalnya dinamai “Place de Louis XV” untuk menghormati Raja Louis XV, lapangan ini telah menjadi saksi banyak peristiwa penting dalam sejarah Prancis.

Kini, Place de la Concorde kembali mencatat sejarah dengan menjadi pusat dari Paralimpiade 2024, mempertemukan ribuan atlet dari berbagai penjuru dunia dalam semangat olahraga dan persatuan. Dengan semangat yang sama, kota Paris menyambut dunia dalam perayaan kesetaraan dan inklusivitas melalui ajang Paralimpiade ini. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles