18.1 C
New York
Tuesday, October 1, 2024

Legenda NBA Dikembe Mutombo Meninggal Dunia

Kinshasa, MISTAR.ID

Dikembe Mutombo, seorang legenda NBA yang aktif di era 90-an, meninggal dunia pada, Senin (30/9/24) di usia 58 tahun setelah berjuang melawan kanker otak.

Mutombo dikenal sebagai salah satu center terbaik dalam sejarah NBA. Ia terkenal karena kemampuan bertahannya yang luar biasa.

Komisaris NBA, Adam Silver memberikan penghormatan kepada Mutombo. Silver menyebutnya sebagai sosok hebat tidak hanya di lapangan, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

“Mutombo salah satu blocker dan pemain bertahan terbaik dalam sejarah NBA, serta seseorang yang selalu berusaha membantu orang lain di luar lapangan,” jelas Silver, dilansir dari NBA.

Baca juga: Basket Indonesia Berduka, Ketum Perbasi Meninggal Akibat Jantung

Selama kariernya, Mutombo delapan kali terpilih masuk NBA All-Star. Ia mencapai puncak ketenaran saat bermain untuk Denver Nuggets dan Atlanta Hawks.

Mutombo juga empat kali dianugerahi gelar NBA Defensive Player of The Year pada tahun 1995, 1997, 1998, dan 2001, sebuah rekor yang kemudian disamai oleh Ben Wallace dan Rudy Gobert.

Selain masuk ke Hall of Fame, prestasi Mutombo juga diabadikan dengan pensiunnya nomor punggung 55 miliknya oleh dua tim yang pernah ia bela, Denver Nuggets dan Atlanta Hawks. (nba/hm20)

Related Articles

Latest Articles