28.3 C
New York
Tuesday, August 6, 2024

Indonesia Termasuk Negara dengan Bonus Atlet Terbesar

Jakarta, MISTAR.ID

Bonus yang diberikan kepada atlet berprestasi di Olimpiade dapat menjadi motivasi besar. Indonesia termasuk salah satu dari lima negara yang memberikan bonus terbesar. Posisi Indonesia sendiri ada di urutan keempat tertinggi.

Selain Indonesia, negara mana lagi?

Hong Kong

Hong Kong menjadi negara dengan bonus terbesar yang diberikan kepada atlet peraih medali emas, yaitu sebesar US$768 ribu atau setara dengan Rp12,4 miliar. Atlet peraih medali perak dan perunggu juga mendapatkan bonus, meskipun dalam jumlah yang lebih kecil. Selain itu, atlet yang finis di peringkat keempat hingga kedelapan juga menerima bonus.

Singapura

Singapura adalah negara kedua yang paling tinggi memberikan bonus, yaitu sebesar US$737 ribu atau setara dengan Rp11,9 miliar untuk peraih medali emas. Peraih medali perak mendapatkan 50 persen dari bonus emas, dan peraih medali perunggu mendapatkan 25 persen.

Dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (6/8/24), Joseph Schooling, peraih emas dari cabor renang di Olimpiade 2016, adalah satu-satunya atlet Singapura yang telah mendapatkan medali emas Olimpiade.

Baca juga: Delapan Atlet Indonesia yang Tersisa di Olimpiade Paris 2024

Taiwan

Taiwan memberikan bonus sebesar US$720 ribu atau Rp11,6 miliar kepada atlet yang meraih medali emas. Sejauh ini, pasangan ganda putra Lee Yang/Wang Chi Lin dari cabor bulutangkis telah meraih medali emas di Olimpiade 2020.

Taiwan juga telah meraih beberapa medali perunggu dari cabang olahraga lainnya seperti menembak dan tinju.

Indonesia

Indonesia memberikan bonus sebesar Rp5,5 miliar atau setara dengan US$308 ribu untuk peraih medali emas di Olimpiade 2020. Besaran bonus untuk Olimpiade 2024 belum diumumkan, tetapi kemungkinan besar akan meningkat.

Pasangan ganda putri Apriyani Rahayu dan Greysia Polii dari cabor bulutangkis adalah peraih medali emas dari Indonesia di Olimpiade 2020.

Baca juga: Raih Perunggu, Gregoria Sumbang Medali Pertama Indonesia di Olimpiade 2024

Israel

Israel memberikan bonus sebesar US$275 ribu atau sekitar Rp4,4 miliar kepada peraih medali emas. Israel pertama kali meraih medali emas di Olimpiade 2004. Pada Olimpiade 2024, Tom Reuveny meraih medali emas dari cabor perahu layar, sementara Sharon Kantor dan atlet senam Artem Dogopyat masing-masing meraih medali perak. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles