16.4 C
New York
Friday, May 10, 2024

Festival Olahraga Difabel Sumut: Perjuangan, Prestasi, dan Bibit Baru Atlet

MEDAN, MISTAR.ID

Suasana penuh semangat terasa kuat di GOR Mini Dispora Sumatera Utara (Sumut) pada Kamis (30/11/23), saat Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Kadispora) Sumut, Baharuddin Siagian, memberikan apresiasi mendalam terhadap Festival Olahraga Difabel.

Acara yang diikuti oleh sekitar 300 siswa dari Sekolah Luar Biasa (SLB) di Sumut ini menjadi panggung bagi anak-anak difabel untuk mengeksplorasi bakat olahraga mereka.

Kadispora, yang mewakili Pj Gubernur Sumut, Hassanudin menyampaikan, festival ini akan menjadi lahan subur untuk menemukan bibit baru atlet difabel yang berpotensi bersinar di dunia olahraga Sumut.

“Festival ini digelar bagi anak-anak difabel untuk mencari bibit baru olahragawan,” ungkapnya.

Baca juga: Suasana Meriah Penuh Semangat di Festival Olahraga Difabel se-Sumut

Inisiatif Festival Olahraga Difabel merupakan bagian dari program Kementerian Pemuda dan Olahraga yang bertujuan memberikan edukasi dan peluang kepada anak-anak difabel untuk terlibat dalam dunia olahraga. Dengan fokus pada bagaimana mereka dapat berolahraga dengan keterbatasan yang dimiliki.

Baharuddin juga menyoroti prestasi gemilang atlet difabel Sumut yang telah menempatkan provinsi ini sebagai salah satu penyumbang medali terbesar di Asian Games Hangzhou. Festival ini dianggap sebagai ajang pencarian bakat untuk menemukan atlet-atlet masa depan yang dapat mengharumkan nama Sumut.

Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Komjen Pol (Purn) Rudy Sufahriadi, yang membuka acara, turut memberikan apresiasi terhadap prestasi Sumut di tingkat nasional dan internasional. Dengan harapan, festival ini dapat menjadi motivasi bagi lahirnya generasi atlet difabel baru dan meningkatkan kesehatan para siswa.

Baca juga: PON dan Pemilu 2024 di Tahun yang Sama, Pengamat: Olahraga Jangan Dipolitisasi

“Melalui Festival Olahraga Difabel, Sumut menegaskan komitmennya untuk memberikan ruang setara bagi setiap individu, tanpa memandang keterbatasan fisik. Suksesnya acara ini menjadi cermin keberagaman dan inklusi yang semakin diperkuat dalam dunia olahraga Sumut,” pungkas Rudi. (Hutajulu/hm20)

Related Articles

Latest Articles