24.4 C
New York
Sunday, June 30, 2024

34 Cabor PON 2024 Dimainkan di Sumut, Berikut Sebaran Daerahnya

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 34 cabang olahraga (cabor) Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI Aceh-Sumut 2024 akan bertanding di Provinsi Sumatera Utara yang melibatkan sebanyak 9 Kabupaten dan Kota.

Sementara cabor lainnya akan dipertandingkan di Provinsi Aceh.

Hal tersebut tertuang di Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumut semasa Edy Rahmayadi, dengan nomor 188.44/231/KPTS/2023 tentang Penetapan Venue Cabor PON XXI 2024 untuk Wilayah Sumatera Utara yang ditetapkan pada 20 Maret 2023 lalu.

Baca juga: Usai Rapat dengan Presiden, Pj Gubernur Bahas Kesiapan PB PON Wilayah Sumut

Kabupaten Deli Serdang menjadi yang terbanyak memainkan cabor pada ajang 4 tahunan tersebut. Atletik, balap sepeda road race, berkuda, bermotor, voli, bowling, bulu tangkis, cricket, barongsai, drumband, gateball, hockey, ju-jitsu, karate, senam, futsal, squash, taekwondo, wushu dan pencak silat diproyeksikan bermain di Kabupaten Deli Serdang.

Kota Medan akan menjadi saksi pertarungan kabaddi, tinju, e-sport, dancesport, akuatik, BMX, biliar, binaraga, golf dan tenis meja. Sementara Kabupaten Karo akan pertandingan balap sepeda MTB (sepeda gunung).

Selain itu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) akan menyajikan laga bola voli pasir, Kota Pematang Siantar bakal memainkan pertandingan kick boxing, serta Kabupaten Toba menggelar laga ski air.

Baca juga: OWS PON 2024 di Danau Toba, Dispora Simalungun: Venue Masih Proses Perencanaan

Sedangkan 3 Kabupaten dan Kota lainnya masing-masing, Kota Binjai akan mempertarungkan cabor gulat, Kabupaten Langkat menggelar sambo, serta terakhir renang kategori renang perairan terbuka bakal berlangsung bertanding di Kabupaten Simalungun.

Ada 2 cabor bakal dimainkan di Aceh dan Sumut. Cabor yang dimaksud yakni sepak bola dan berkuda. Sepak bola putra akan berlaga di Aceh dan putra di Sumut. Sementara kategori kuda pacubertanding di Aceh dan equestrian bermain di Sumut.

Sembilan Kabupaten dan Kota itu hingga saat ini masih dinilai siap menjadi daerah yang berpartisipasi dalam ajang olahraga terbesar nasional tersebut.

Baca juga: Biliar Sumut Targetkan 5 Emas di PON 2024

Hal ini diungkapkan Koordinator Posko Publikasi PON XXI 2024 Disporasu, Budi Syahputra, jika hingga sekarang belum ada perubahan dari daerah-daerah tersebut.

“Iya, hingga sekarang itu lah daerah-daerah yang berpartisipasi dalam pertandingan PON nanti, belum ada perubahan. Kalau ada perubahan, kan SK baru nanti keluar lagi,” ungkap Budi kepada mistar.id, Rabu (11/10/23) saat dihubungi via telepon seluler. (iqbal/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles