29.9 C
New York
Sunday, July 14, 2024

6 Negara Lolos ke 16 Besar Piala Dunia U-17

Jakarta, MISTAR.ID

Matchday kedua penyisihan grup Piala Dunia U-17 2023 telah rampung. Enam negara memastikan diri ke babak 16 besar. Mereka adalah Spanyol, Inggris, Senegal, Prancis, Amerika Serikat, dan Jerman. Keenam negara tersebut telah mengoleksi enam poin hasil dua kemenangan di dua laga pertama, memberi keuntungan bagi mereka di klasemen grup masing-masing.

Spanyol saat ini menempati peringkat pertama Grup B, disusul Mali dan Uzbekistan yang baru meraih tiga poin. Jika La Rojita kalah dari Uzbekistan di laga terakhir, mereka tetap akan lolos, minimal sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Situasi serupa dialami Inggris di Grup C. Mereka bertengger di puncak, mengungguli Brasil dan Iran yang sama-sama memiliki tiga poin. Jika kalah dari Brasil di laga terakhir, mereka tetap bisa lolos, seburuk-buruknya via jalur peringkat tiga terbaik.

Senegal yang memimpin Grup D dengan enam poin pun memiliki kondisi sama seperti Spanyol dan Inggris. Di bawah Singa Teranga ada Argentina dan Jepang yang memiliki tiga poin. Kekalahan di laga terakhir melawan Jepang tak akan mempengaruhi kelolosan.

Baca Juga : Menebak Peluang Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Dunia U-17 2023  

Beralih ke Grup E, Prancis dan AS telah meraih enam poin. Mereka akan bertemu di laga terakhir untuk demi menentukan posisi juara grup. Korea Selatan dan Burkina Faso yang berada di bawah keduanya belum meraih poin usai menelan dua kekalahan.

Terakhir, ada Jerman menempati peringkat pertama Grup F, di atas Venezuela yang baru meraih empat poin serta Meksiko yang baru meraih satu poin. Satu tim lainnya, Selandia Baru belum meraih poin karena selalu menelan kekalahan di dua laga awal.

Kondisi di atas membuat Jerman minimal akan finis sebagai runner-up Grup F jika kalah dari Venezuela di laga terakhir grup. Namun jika seri atau menang, mereka akan lolos sebagai juara grup.

Dengan demikian, matchday ketiga atau terakhir di penyisihan grup tinggal menyisakan 10 tiket 16 besar untuk diperebutkan. Indonesia menjadi salah satu tim yang masih berpeluang lolos. (dtc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles