24.9 C
New York
Wednesday, July 24, 2024

Toba Lake Fiesta 2019, Tim Solu Bolon Putri Tantang Tim Putra

Parapat|Mistar
Lomba Solu Bolon atau Perahu Naga, Poldasu Toba Lake Fiesta 2019, yang diselenggarakan di perairan Danau Toba kawasan Pantai Bahari Parapat, Kabupaten Simalu­ngun, Sumatera Utara,Jumat (11/10/19) ternyata punya cerita tersendiri.

Diantara 14 peserta Lom­ba Solu Bolon yang be­rasal dari Kabupaten Sima­lu­ngun,Samosir,Toba Samosir dan Tapanuli Utara,ternyata terselip satu tim peserta perem­puan

Tim tersebut adalah Perempuan yang mengatasnamakan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang berasal dari Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir.

Beranggotakan 15 orang, Tim Solu Bolon Perem­puan kemudian bertarung de­ngan tim yang berasal dari Ke­camatan Ambarita, Kabupaten Samosir yang didominasi kaum pria.

Dalam fase pe­nyi­si­han, wa­lau tertinggal jauh dari tim yang didominasi laki-laki ter­se­but, namun hal ter­sebut ti­dak membuat Tim Pok­darwis patah arang dan melaju hingga mencapai finis.

Sofia Sirait (35), salah seorang anggota Tim Pokdarwis tersebut mengatakan,keikut sertaan timnya dalam lomba solu bolon tersebut adalah guna memeriahkan Toba Lake Fiesta 2019. Untuk mengikuti perlombaan Ia dan rekannya mengaku tidak memiliki persiapan khusus.

“Sebelumnya kami tidak pernah latihan, kami sudah ter­biasa mendayung sen­diri sam­pan kami sejak ke­cil,”ung­kapnya

Sebagai satu-satunya tim perempuan,Sofia berharap bisa jadi juara. “Kami satu-satunya perem­puan,kalau bisa kamilah juaranya,” pintanya sambil tersenyum.

Terkait hal tersebut Ketua Panitia Lomba Solu Bolon, Gem­par Purba mengamini keikut­sertaan satu tim perempuan.

“Itu perempuan dari Tobasa dan mereka bilang waktu mendaftar, bisa mendaftar dan saya bilang bisa tapi lawannya laki-laki,” ucapnya.

Setelah dijelaskan pesertanya didominasi laki-laki, namun tim perempuan tersebut mengatakan tidak apa-apa dan mereka mengatakan ingin mencoba. .

Penulis: Joe Ambarita

Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Latest Articles