16 C
New York
Tuesday, October 1, 2024

Nilai-nilai Pancasila Untuk Menjaga Kedaulatan NKRI

Sumut MISTAR.ID

Wakapolres Tebing Tinggi Kompol Ady Santri Sanjaya meningatkan personel harus mampu menunjukkan keteladanan dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila karena Pancasila adalah kekuatan utama.

“Kita semua sebagai aparat negara, terlebih sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat, harus mampu menunjukkan keteladanan dalam mengamalkan nilai nilai Pancasila. Melalui upacara ini, kita kembali diingatkan bahwa Pancasila adalah kekuatan utama yang menjaga kedaulatan NKRI,” ungkapnya saat memimpin pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Mapolres Tebing Tinggi, Selasa (1/10/24).

Ia juga menuturkan bahwa upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai bentuk atau cara memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri di tengah masyarakat.

Baca juga: Curi Roda, Sopir Truk Ditangkap di Tebing Tinggi

Selain itu upacara peringatan ini tidak hanya sekedar seremonial, tetapi juga sebagai pengingat bahwa Pancasila adalah landasan ideologi yang telah terbukti menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari berbagai ancaman ideologi lain yang merongrong keutuhan bangsa.

“Tidak hanya sebagai bentuk penghormatan kepada sejarah, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengokohkan semangat nasionalisme dikalangan anggota kepolisian, agar senantiasa mengabdi dengan penuh dedikasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” pungkasnya.

Sedangkan di Deli Serdang, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila diselenggarakan di halaman Kantor Bupati daerah itu, Lubuk Pakam, Selasa (1/10/24).

Anggota DPRD Deli Serdang, Kustomo mengatakan bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap NKRI.

Pj Bupati Deli Serdang,Wiriya Alrahman memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati daerah itu, Lubuk Pakam
Pj Bupati Deli Serdang,Wiriya Alrahman memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati daerah itu, Lubuk Pakam. (f: ist/mistar)

“Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kurang waspadanya bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi negara,” kata Kustomo saat membacakan ikrar dari Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, lanjutnya, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutupnya.

Diketahui, Pj Bupati Deli Serdang, Wiriya Alrahman menjadi memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. (nazli/rinaldi/hm20)

Related Articles

Latest Articles