16 C
New York
Tuesday, September 24, 2024

Wujudkan Pelayanan Prima, Puskesmas Garoga Rakor Lintas Capaian Kinerja

Taput, MISTAR.ID

Perlunya hubungan dan komunikasi yang efektif antar pimpinan, bagian administrasi dan para petugas tenaga medis sebuah puskesmas, agar bisa mendapatkan sebuah pemikiran yang seide dan sejalan dalam melaksanakan program kerja.

Ini akhirnya mendapat penilaian positif dari masyarakat, kalau puskesmas itu merupakan sebuah tempat mendapatkan pelayanan kesehatan.

Hal itu dikatakan Kepala Puskesmas (Kapus) Garoga, Ida Royani Simorangkir, kepada mistar.id usai giat pelaksanaan rapat internal, rapat koordinasi capaian kinerja, serta rencana tindak lanjut di ruang lingkup UPT Puskesmas Garoga bersama dengan staf pegawai, dokter dan medis, pada Selasa (24/9/24).

Baca juga:Dukung Destinasi Pariwisata Super Prioritas, Dinkes Toba Bangun Enam Puskesmas

“Maksud dan tujuan rapat yang dilaksanakan setiap bulan dan 3 bulan sekali adalah mewujudkan bagaimana memberikan pelayanan prima yang benar-benar kondusif, dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat atau pasien yang datang untuk mendapat pelayanan kesehatan terintegrasi, yaitu semua siklus hidup ke setiap Pustu, Posyandu dan Poskesdes,” ujarnya.

Ada 9 Poskesdes, 6 Pustu, dan 29 Posyandu tersebar di wilayah kerja Puskesmas Garoga yang tugasnya untuk memberikan pelayanan penanganan medis, guna mengurangi resiko dan bahaya penyakit yang bisa menjangkit masyarakat di Kecamatan Garoga.

“Maka secara optimal kita sampaikan agar para tenaga medis di setiap Pustu, Poskesdes, dan Posyandu supaya melayani dengan setulus hati, baik dan benar, serta nantinya akan membuat masyarakat itu semakin betah untuk datang baik hanya konsultasi maupun mendapat pertolongan medis,” tukas Ida.

“Puskesmas adalah fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama yang memiliki fasilitas yang bisa diandalkan untuk melayani pasien dan bisa memberikan perawatan penyakit yang memadai, meski memang tidak selengkap di rumah sakit besar. Juga siap menerima pengobatan dan perawatan baik sebagai pasien umum maupun BPJS,” sambungnya.

Baca juga:Puskesmas Amplas Targetkan 1845 Imunisasi Dasar Lengkap Tahun 2024

Dia juga menyampaikan, untuk tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat Garoga terhadap pelayanan yang telah dilaksanakan para tenaga medis sudah di angka 85 persen.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Alexander Gultom mengapresiasi dan kagum atas perkembangan pelayanan kesehatan yang dilakukan Puskesmas Garoga ke masyarakat selama ini.

“Harapan saya ke depannya supaya pelayanan semua siklus hidup, pola makan yang baik dan benar dan sosialisasi akan perlunya hidup sehat pada masyarakat Garoga bisa lebih ditingkatkan lagi. Jika semua itu sudah tersampaikan melalui sosialisasi dan pendekatan efektif oleh Puskesmas Garoga dan jajarannya, maka angka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) akan semakin lebih baik dan bisa berdaya saing,” tutupnya. (pembela/hm16)

Related Articles

Latest Articles