25.5 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Usai Ibadah, Bupati Toba Tinjau Perbaikan Jalan di Daerah Terpencil

Toba, MISTAR.ID

Bupati Toba, Poltak Sitorus didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Augus Sitorus, Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Sofyan Sitorus, Kasatpol PP, Heryanto Butarbutar dan Camat Habinsaran meninjau perbaikan jalan menuju Desa Lumban Lintong, Kecamatan Habinsaran.

Itu dilakukan usai melaksanakan ibadah, pada Minggu (19/5/24) di Gereja HKBP Dolok Nauli 2 Ressort Judika, Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba.

Ruas Parsoburan-Lumban Balik-Lumban Lintong-Sibuntuon sepanjang 32 kilometer merupakan jalan menuju 7 desa, yakni Desa Lumban Balik, Lumban Gaol, Lumban Lintong, Panamparan, Pararungan, Sibuntuon dan Pagar Batu.

Baca juga:Bupati Toba Melayat 2 Warga Korban Meninggal Ditabrak Bus

Selama ini kondisi jalan di kaki bukit Dolok Surungan tersebut terkesan kurang perhatian dari pemerintah. Tidak jarang jalan menuju 7 desa itu putus akibat longsor.

“Jalan ini kurang diperhatikan, tetapi kini kita berikan perhatian khusus ke daerah-daerah terpencil,” kata Poltak dalam kunjungannya.

Sepanjang perjalanan, Poltak sering kali turun dari mobil dinas yang dinaiki dan berjalan menyusuri jalan tersebut hingga beberapa ratus meter, sembari memperhatikan sisi kiri dan kanan jalan, terkhusus di beberapa titik yang memang rawan longsor.

Bupati juga menjelaskan, sudah 1 bulan lebih Pemkab Toba menempatkan alat berat khusus untuk memperbaiki jalan tersebut, termasuk melakukan pelebaran.

Baca juga:Pesan Bupati Toba untuk Para Lansia: Kurangi Makan Garam

“Saat ini kita lakukan perbaikan dulu sepanjang 7 kilometer. Satu bulan ini alat kita sudah ada di sini dan itu lah hasilnya. Sebelumnya sudah putus karena longsor, jadi terpaksa kita ambil dari sisi kanan ini, lebarkan 2,5 meter lagi,” lanjutnya menunjuk bagian jalan yang longsor.

Kepala Desa (Kades) Lumban Lintong, Rommel Sitorus menyampaikan, terima kasih tak terhingga atas hadirnya alat berat dari Pemkab Toba untuk memperbaiki jalan menuju desa mereka.

“Kami merasa sangat-sangat bersyukur atas kehadiran Pemkab Toba di sini. Kalau kami bilang jalan ini ‘sudah martimus (berasap)’, sangat baik. Kami sangat-sangat bersyukur, terima kasih kepada pak Bupati,” katanya.

Ungkapan hampir sama juga disampaikan Kades Lumban Gaol, Matio Silaen. Menurutnya, hadirnya alat berat itu memberi dampak besar terhadap perbaikan jalan menuju desa mereka.

Baca juga:Pemberangkatan 4 Jemaah Calon Haji, Ini Pesan Bupati Toba

Related Articles

Latest Articles