22 C
New York
Thursday, July 4, 2024

Menparekraf Sandiaga Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif di Taput Terus Berinovasi

Taput, MISTAR.ID

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para pelaku ekonomi kreatif agar terus berinovasi dan berkarya serta membangun jejaring dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

Hal ini disampaikan Menparekraf Sandiaga dalam kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Kamis (4/7/24). Taput merupakan lokasi ke-delapan dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia 2024.

“Kabupaten Tapanuli Utara berada di area Geopark Kaldera yang merupakan salah satu geopark Indonesia yang telah dikenal di dunia dan berada Danau Toba, Destinasi Super Prioritas (DSP) memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar, khususnya pada subsektor kuliner, kriya, dan fesyen yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan produk dan usaha oleh pelaku ekraf,” jelasnya.

Baca juga : Menparekraf Targetkan Sertifikasi Pelaku Usaha Pariwisata Tuntas 20 Persen

Namun demikian, diperlukan kreativitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini.

Kemenparekraf/Baparekraf juga berupaya mendorong kebangkitan ekonomi kreatif salah satunya melalui penyelenggaraan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia.

Menurutnya, kegiatan workshop ini merupakan bentuk aktivasi kegiatan dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif.

Related Articles

Latest Articles