23.4 C
New York
Monday, July 22, 2024

Maksimalkan Satlinmas, Satpol PP Sumut Bimtek di Samosir

Samosir, MISTAR.ID

Satpol PP Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) optimalisasi dan peranan satgas linmas, Rabu (10/7/24) di Aula Kantor Bupati Samosir.

Bimtek ini bertujuan untuk memaksimalkan peran dan tugas satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas ) Kabupaten Samosir dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.

Asisten I Pemkab Samosir Tunggul Sinaga yang mewakili Bupati Samosir saat membuka acara menyambut baik kegiatan bimtek optimalisasi tugas dan peranan satlinmas yang digelar oleh Satpol PP Provinsi Sumut.

Tunggul mengungkapkan bahwa Pemkab Samosir telah merekrut Satlinmas untuk seluruh desa/kelurahan yang akan diberdayakan sebagai PAM TPS dalam Pilkada serentak tahun 2024.

“Intisari dari pertemuan ini, bagaimana untuk meningkatkan keterampilan para anggota Satlinmas di lapangan pada saat melakukan pengamanan dalam proses pemungutan suara,” sebutnya.

Kepada peserta bimtek Tunggul meminta supaya mengikuti bimtek dengan serius dan berharap antara Pemkab Samosir dengan KPU Samosir, Bawaslu Samosir dan Satgas linmas dapat terjalin sinergitas untuk menciptakan suasana pemilihan yang kondusif dan damai.

Baca juga: Forjak Kutuk Tindakan Represif Oknum Satpol PP Sumut Terhadap Jurnalis saat Meliput di Kantor Gubernur

Kasat Pol PP Sumut, M Mahfullah Pratama Daulay, yang diwakili oleh Aripin Keliat menyampaikan bahwa bimbingan teknis tersebut merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Sumut untuk memperkuat kapasitas Satlinmas, yang memiliki peran vital dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan dalam Pilkada Serentak 2024.

“Kita harapkan nantinya, Satlinmas lebih siap dan terlatih dalam menjalankan tugas-tugasnya secara maksimal dalam mensukseskan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur serta Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Wali Kota yang akan berlangsung pada tahun 2024,” ujarnya.

Bimtek tersebut menghadirkan narasumber, Komisioner KPU Samosir, Citra Dewi Simbolon, Ketua Bawaslu Samosir, Robinson Simarmata dan Kasat Pol PP Sumut, M. Mahfullah Pratama Daulay secara Daring.(josner/hm17)

Related Articles

Latest Articles