17.9 C
New York
Saturday, October 5, 2024

Kuda dan Sepeda Ombus-ombus Khas Siborong-borong Tak Diikutkan dalam Devile Hari Jadi Taput

Taput, MISTAR.ID

Semenjak diadakannya peringatan hari jadi Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Kecamatan Siborong borong selalu mengikutsertakan beberapa kuda dan jokinya, serta sepeda ombus-ombus dalam devile hari jadi kecamatan. Namun, dalam devile hari jadi Kabupaten Taput hari ini, Sabtu (5/10/24), sepertinya tidak lagi diikutkan.

Padahal, pengunjung sudah menanti-nantikan keduanya akan dihadirkan dalam devile hari jadi dari kecamatan siborongborong dan menjadi salah satu daya tarik serta menghibur masyarakat dalam semarak perayaan.

Salah seorang pengunjung, J Sianipar yang datang dari Toba mengaku heran dengan tidak dihadirkannya dua elemen itu. Sianipar mengaku setiap tahun dia rela datang pada perayaan Pemkab Taput hanya untuk melihat penampilan kuda dan sepeda ombus-ombus.

“Dimana ya kuda dan sepeda ombus-ombus ciri khas dari Siborong-borong? Kenapa tidak diikutkan di hari jadi Tapanuli Utara yang ke-79 ini, dan apa masalahnya kenapa tidak lagi diikutkan ya,” tanyanya heran.

Baca Juga : Pedagang Makanan-Minuman Mengadu Nasib di Perayaan HUT Kabupaten Taput

Camat Siborong-borong, Lamour Situmorang mengatakan, panitia pelaksanaan hari jadi Taput ke-79 membatasi peserta setiap kecamatan yang ikut dalam rombongan. Hal itu pula yang menyebabkan mereka tidak membawa kuda dan jokinya serta sepeda ombus-ombus dan pemiliknya, untuk ikut dalam Devile hari jadi Taput tahun ini.

“Semoga untuk tahun depan kita akan upayakan membawa keduanya dalam rombongan devile hari jadi Taput, agar suasana kembali ramai dan pengunjung bisa terhibur dengan penampilan kuda dan jokinya serta sepeda ombus-ombus khas Siborong-borong,” ucapnya.

Josua Napitupulu selaku Kabag Tapem yang merupakan ketua panitia pelaksanaan hari jadi Taput ke-79 saat dikonfirmasi mengatakan, jika apa yang ditampilkan pada saat devile tiap kecamatan, itu diserahkan kepada camat masing-masing. (pembela/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles