16.5 C
New York
Thursday, October 3, 2024

Festival Pariwisata Tapanuli 2024 Tonjolkan Seni Kontemporer Lokal

Sibolga, MISTAR.ID

Festival Pariwisata Tapanuli 2024 merepresentasikan keragaman budaya Tapanuli dalam balutan seni kontemporer. Ajang ini tidak hanya mendorong para peserta untuk berkreasi, tetapi juga menjadi wadah bagi mereka untuk mengeksplorasi bakat di dunia seni.

Pihak penyelenggara, Vio Talent Management mengatakan jika salah satu daya tarik utama kegiatan adalah tari kreasi Tapanuli yang diikuti 98 peserta dari berbagai sekolah menengah. Tarian kreasi menggabungkan budaya lokal dan inovasi modern.

“Kemudian fashion show yang dibagi tiga kategori usia, juga menjadi magnet bagi para pengunjung. Sebanyak 88 peserta tampil memukau dengan busana yang mengangkat tema budaya lokal dan nasional,” kata pemilik Vio Talent, Viona Sianturi, Kamis (3/10/24).

Selain kompetisi, pameran UMKM selama festival juga menjadi pusat perhatian bagi para pengunjung. Sebanyak 12 pelaku usaha lokal memamerkan produk unggulannya, mulai dari makanan tradisional, kerajinan tangan, hingga layanan fotografi.

Baca juga: Festival Pariwisata Tapanuli 2024, Perkenalkan dan Lestarikan Warisan Budaya

Salah satu pelaku UMKM datang dari Paluga, yang berhasil menjual lebih dari 400 cup Bobba Thai Tea dalam dua hari acara.

“Acara ini merupakan peluang besar untuk mengangkat potensi para perajin busana lokal di Tapanuli,” ungkap salah satu pelaku UMKM, Misari Daeli.

Ia berharap festival ini bisa menjadi agenda tahunan yang didukung penuh oleh pemerintah dan masyarakat, guna menciptakan lebih banyak kesempatan bagi para pelaku industri fashion di daerah.

Sementara itu, seorang pelatih catwalk dan modelling, Adhe Friza juga melihat dampak baik dari acara ini terhadap pengembangan bakat anak-anak muda di Sibolga.

“Kita berhasil melatih belasan murid untuk tampil dalam acara tersebut. Ini menunjukkan antusiasme besar dari generasi muda yang ingin belajar dan mengasah bakat mereka di dunia modeling,” ungkapnya.

Adhe juga berharap lebih banyak event seperti ini diadakan, mengingat acara serupa sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Festival ini sangat mendukung perkembangan talenta muda dan memberikan ruang bagi mereka untuk berkarya,” jelasnya. (feliks/hm20)

Related Articles

Latest Articles