22.8 C
New York
Friday, September 20, 2024

Jalan Nasional Sibolga-Tarutung Via Batu Lubang Sudah Bisa Dilalui

Baca Juga : Lubang Menganga di Jembatan Perbatasan Talawi Batu Bara Siap “Memangsa” Korban

Sebelumnya, pada 2023 sudah dibangun bronjong penahan bahu jalan, penimbunan, dan pembuatan box culvert dengan anggaran senilai Rp1,8 miliar dikerjakan CV Mora Abadi.

Masyarakat menilai dari kondisinya saat ini, jalan nasional Sibolga-Tarutung via Batu Lubang sepertinya sudah layak dilalui semua jenis kendaraan bermotor.

Kondisi terkini Jalan Nasional Sibolga-Tarutung yang sudah dapat dilalui kendaraan. (f: feliks/mistar)

Sementara itu, sejumlah sopir diantaranya Togu Situmorang juga mengapresiasi atas dibukanya jalan Sibolga-Tarutung via Batu Lubang sehingga dapat mengirit BBM dan juga jarak tempuh mereka dalam perjalanan.

“Sebab kalau kita melewati jalan Rampa-Poriaha, jarak tempuh Tarutung-Sibolga bertambah 17 Km lagi. Itulah yang kami alami selama ini, pastinya biaya BBM bertambah, upah kami yang berkurang. Karena kami para sopir ini bekerja dengan sistem borongan,” sebutnya.

Baca Juga : Perumda Mual Nauli Harus Mampu Tingkatkan PAD Tapteng

Untuk diketahui, akses jalan nasional Sibolga-Tarutung via Batu Lubang ditutup total sejak 16 Juli 2024, karena ada pekerjaan penanganan longsoran senilai Rp1.754.315.000 dari APBN 2024.

Semua jenis kendaraan tujuan Sibolga-Tarutung dan sebaliknya, dialihkan melalui ruas Jalan Rampa-Poriaha. Satker PPK 3,2 BBPJN, Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR, Komara Setiawan, menjelaskan proyek senilai Rp1,7 miliar itu ditangani CV Roganda.

Ada dua item pekerjaan, yaitu pekerjaan rigid beton sepanjang 77 meter diantara kedua Batu Lubang senilai Rp880 juta lebih. Kemudian, penyambungan badan jalan sepanjang 50 meter dan rigid bahu jalan dan pengaspalan senilai Rp800 juta lebih di lokasi eks jembatan bailey. (feliks/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles