28.4 C
New York
Friday, September 20, 2024

Gempa M 5,3 di Padangsidempuan Terasa Hingga ke Tapteng

Tapteng, MISTAR.ID

Gempa berkekuatan M 5,3 terjadi di Padangsidimpuan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan pusat gempa berada di Laut 91 Km Barat Daya Padangsidimpuan, Kamis (19/9/2024) pukul 23:14:17 WIB.

Gempa tersebut berada di kedalaman 93 Km, berlokasi 0.8 LU 96.68 BT dan dapat dirasakan (Skala MMI) hingga Kota Gunung Sitoli dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Warga disekitaran Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) sempat merasa cemas akibat gempa yang turut mereka rasakan.

Baca juga:Gempa 5,7 SR Bangunkan Warga Sibolga

Meski gempa hanya berlangsung beberapa detik namun getarannya terasa hingga ke Tapteng. Gempa bahkan membuat warga cemas hingga berhamburan ke luar rumah.

“Getarannya hanya beberapa detik saja, tetapi gempa itu sempat membuat kita merasa cemas. Kita kuatir ada gempa susulan yang lebih kuat. Pasalnya ada informasi sebelumnya yang kita baca di media akan ada gempa besar zona megathrust yang sangat kuat. Hal itulah yang membuat kita cemas,” sebut Syavani pedagang Sate, Jumat (20/09/2024) dini hari.

Baca juga:Potensi Gempa Megathrust, BPBD Simalungun: Tetap Tenang dan Jangan Panik

Syavani yang turut didampingi suaminya Rony mengaku, saat gempa terjadi, mereka baru saja pulang dari tempat mereka berjualan sate di depan Pantai Indah Pandan dan melihat sejumlah warga tiba-tiba keluar dari rumah mereka.

“Saking cemasnya, kami sempat berjaga di teras rumah bersama anak-anak hingga satu setengah jam. Namun karena sudah sangat mengantuk terpaksa masuk kedalam rumah juga. Itupun kami sekeluarga nanti tidurnya di ruang tamu,” tandas Syavan,

Sebelumnya beredar informasi adanya potensi gempa bumi besar (zona megathrust) hingga M8,7 di wilayah Pantai Barat Sumatera. Informasi ini menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat di Kabupaten Tapteng, di mana wilayah Pantai Barat Sumatera juga berpotensi terdampak khususnya Kabupaten Tapanuli Tengah, Mandailing Natal dan Tapanuli Selatan. (feliks/hm06)

Related Articles

Latest Articles