21.3 C
New York
Thursday, June 6, 2024

Turnamen Robotik Indonesia 2024 di Jakarta, Darul Mursyid Raih Juara 1

Tapsel, MISTAR.ID

Pesantren Modern Unggulan Terpadu ‘Darul Mursyid’ meraih prestasi membanggakan, yaitu Juara 1 dan 2 pada Turnamen Robotik Indonesia digelar di GOR Padepokan Pencak Silat yang digelar di Jakarta Timur pada 17-19 Mei 2024 lalu.

Hal ini disampaikan Kepala Divisi Humas dan Pemasaran Darul Mursyid, Asep Safa’at Siregar, Kamis (6/6/2024).

Dijelaskan, Turnamen Robotik Indonesia adalah olimpiade bergengsi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam bidang sains dan teknologi yang terus berkembang saat ini.

“Olimpiade ini diselenggarakan oleh Persatuan Robotik Seluruh Indonesia (PRSI) bekerja sama dengan MPR RI untuk memperebutkan piala Ketua MPR-RI tahun 2024,” ungkapnya.

Baca juga: Mengenal Teknologi Robotik JEC

Turnamen yang memperebutkan tropy Ketua MPR RI ini, juga merupakan ajang untuk mengembangkan dan memajukan bidang robotik di tingkat pelajar, mahasiswa hingga umum.

“Di samping menguji keterampilan teknis dan kreativitas dalam merancang, membangun dan mengoperasikan robot, turnamen akan diikuti oleh para peserta dari seluruh provinsi di Indonesia,” sebut dia.

Hal serupa dikatakan, Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains, Arjun Arifin Lase. Turnamen itu mempertandingkan enam kategori, yaitu, Robot Sumo,  Robot Soccer,  Robot Line Follower, Robot Kreatif Rancang Bangun, Robot Transporter, dan Robot Amphibious Solar Vehicle.

“Alhamdulillah, santri Darul Mursyid berhasil meraih prestasi juara pertama pada kategori Line Follower Senior, atas nama Ivan Haryadi Pasaribu dan Faza Aththohari Habibullah,” sebutnya.

Baca juga:Insinyur Menggunakan Serangga Cyborg Sebagai Mesin Penginderaan Biorobotik

Selain itu, Darul Mursyid juga meraih juara harapan 1 atas nama Amri Maulana dan Alwan Baqir Fadhlurrohman pada kategori Line Follower Senior. Sedangkan untuk kategori Line Follower Junior, meraih juara kedua atas nama Rizky Parlan Siregar, Akha Faity Dzaky Azaly dan Abdulloh Khoruman Azam.

Sementara Direktur Pesantren Darul Mursyid, Yusri Lubis menyampaikan, keluarga besar Pesantren Darul Mursyid (PDM) patut bersyukur dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas capaian prestasi ini.

“Saya selaku Direktur tentunya sangat bangga dengan capaian prestasi santri kami. Hal ini telah membuktikan bahwa Pesantren Darul Mursyid mampu dan layak untuk mewakili pesantren sains pada olimpiade science dan robotic Competition,” ungkapnya.

Senada disampaikan Jafar Syahbudin Ritonga atau akrab disapa JSR. Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) ini juga mengapresiasi prestasi yang diraih para santrinya pada ajang itu.

“Selamat kepada tim olimpiade sains dan robotik Pesantren Darul Mursyid. Ini adalah prestasi yang dihasilkan atas kerja sama yang baik. Namun, bukan berarti kita sudah puas, masih banyak lagi tugas PDM ke depan untuk meraih prestasi yang lebih banyak lagi. Semoga dengan prestasi ini bisa memberikan wawasan dan menambah ilmu pengetahuan di bidang kebumian,”  tutur Alumni S3 USM Malaysia itu mengakhiri. (amran/hm17)

Related Articles

Latest Articles