31.8 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Pengurus LPTQ Tapsel 2023-2025 Dilantik, Begini Pesan Bupati

Tapsel, MISTAR.ID

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu melantik pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) periode 2023-2025 di Aula Sarasi, lantai III, Kantor Bupati Tapsel, pada Senin (22/4/24).

Pelantikan itu menandakan kepengurusan baru untuk 3 tahun ke depan akan dipimpin oleh Ketua LPTQ, Sofyan Adil.

Usai melantik, Dolly berpesan agar LPTQ Kabupaten Tapsel dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebaik mungkin untuk melakukan pembinaan.

Baca juga:Resmi Terbentuk, Pengurus LPTQ Cabdis Siantar Periode 2022-2027

“Saya berharap agar pengurus LPTQ yang baru saja dilantik mampu memenuhi harapan, lebih-lebih Kabupaten Tapsel yang akan menjadi tuan rumah pada perhelatan¬†Musabaqah Tilawatil Quran¬†(MTQ) tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024 ini,” ungkapnya.

Ditambahkan, LPTQ yang baru saja dilantik dapat melakukan pembinaan pendidikan kepada generasi muda, guna menanamkan kecintaan kepada Al-Qur’an.

“LPTQ Kabupaten Tapsel tidak semata-mata dibentuk mengembangkan prestasi Sumber Daya Manusia (SDM) daerah yang potensial, namun mampu bersaing pada MTQ dan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ), juga memiliki misi lebih luas dan berdimensi sosial religius. Seperti menginternalisasi nilai-nilai kandungan ajaran Al-Qur’an pada masyarakat melalui kegiatan pembinaan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan LPTQ harus mampu menjadi salah satu pilar dalam membangun, dan meningkatkan kualitas SDM masyarakat Tapsel yang religius.

Baca juga:Wali Kota Siantar Ingatkan Agar Dewan Hakim MTQ Dituntut Jujur dan Objektif

Sementara itu, Sofyan Adil mengatakan, LPTQ Kabupaten Tapsel mencari bibit muda (anak-anak) putra maupun putri agar bisa dibina secara berkelanjutan, yang nantinya bisa diandalkan untuk membawa nama baik daerah itu ke tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

Dia menyatakan, caranya dengan merekrut anak-anak yang berusia dini agar kesempatan untuk membina dan mengembangkan kemampuannya lebih efektif.

“Kita mengharapkan LPTQ Kabupaten Tapsel dapat menjalankan program-programnya secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Di mana yang kita inginkan dengan pembinaan LPTQ itu dapat menumbuhkan pemahaman, serta kemampuan baca tulis Al- Quran yang lebih baik lagi di tengah-tengah masyarakat kita,” terangnya.

Disebutkan Sofyan, melalui kaderisasi qori-qoriah ataupun hafidz-hafidzah akan terbantu, karena dengan semakin banyaknya generasi yang mampu membaca, sekaligus memahami Al-Qur’an dengan baik. (amran/hm16)

Related Articles

Latest Articles