26.2 C
New York
Wednesday, July 10, 2024

Pembangunan MCK Komunal di Kabupaten Tapsel Dimulai

Tapsel, MISTAR.ID

Sebagai bentuk dukungan nyata dalam peningkatan kualitas kesehatan warga, Toba Pulp Lestari (TPL) memulai pembangunan infrastruktur sanitasi atau mandi, cuci, kakus (MCK) komunal di Desa Sanggapati, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapsel.

Pembangunan yang dimulai beberapa hari lalu itu juga diklaim sebagai upaya membantu pemerintah dalam mengatasi stunting. Pembangunan MCK ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Desa Sanggapati Sulaiman Sinaga dan Manajer TPL Heddy Panjaitan didampingi staf humas Juliandri Hutabarat, Koordinator Community Development (CD) Aya dan Staff CD Jhony Sitohang.

Staf CD Jonny Sihotang, melalui keterangannya, Senin (24/6/24) menyebut, pembangunan MCK komunal ini akan dibangun di 3 titik desa, yang diharapkan perusahaan dapat membantu menurunkan angka stunting dan berkontribusi sukseskan program nasional.

Disebutkan, selain dari asupan gizi tentu banyak faktor lain, yang dapat mempengaruhi anak bisa terkena stunting.

“Misalnya kebiasaan makan dengan tidak mencuci tangan dengan bersih. Ini termasuk pada pola hidup yang kurang sehat. Orang tua seharusnya peduli akan hal ini agar asupan makanan anak terhindar dari kuman ketika masuk ke dalam tubuh,” sebutnya.

Baca Juga : Cegah Stunting, TPL Akan Bangun Sarana MCK Komunal di Sangga Pati Tapsel

Karena itu, TPL dalam hal ini berfokus pada percepatan penurunan stunting. Yakni dalam rangka memberikan dampak untuk menyiapkan sumber daya manusia yang sehat, baik secara jasmani maupun rohani kepada masyarakat, dengan tujuan supaya anak-anak di Kabupaten Tapsel terhindar dari stunting.

Sulaiman Sinaga mewakili pemerintah desa merasa senang dan berterima kasih kepada perusahaan yang telah membantu mewujudkan fasilitas MCK dan air bersih yang sangat bermanfaat bagi mereka.

“Kami mengapresiasi realisasi dukungan dari TPL. Karena dengan ini masyarakat bisa lebih mudah untuk mendapatkan air bersih guna dipakai dalam kebutuhan sehari-hari, sehingga dapat menciptakan warga masyarakat yang sehat maju dan sejahtera,” ungkapnya. (amran/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles