23.8 C
New York
Sunday, June 23, 2024

HBH Ikapsi Komit Majukan Kampung Halaman

Tapsel, MISTAR.ID

Para perantau yang berasal dari Sipirok dan sekitarnya memiliki komitmen yang kuat untuk tetap berperan membangun kampung halaman (bona bulu), menuju kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakatnya. Komitmen itu menjadi titik berat atau inti dari acara halal bihalal (HBH) Ikapsi dan Masyarakat Sipirok Narobi (sekitarnya) di Jakarta Pusat, Minggu (5/5/24).

Ketua panitia pelaksana Arpan Siregar menjelaskan, Ikapsi bersama masyarakat Sipirok Narobi di perantauan, khususnya Jakarta sekitarnya terakhir kali melaksanakan HBH pada tahun 2018 lalu. Sehingga, sangat pantas rasanya seluruh anggota Ikapsi dan masyarakat Sipirok Narobi yang ada di perantauan mendukung suksesnya acara yang dibingkai silaturahmi itu.

Ketua Umum Ikapsi (Induk Keluarga Alumni Pelajar Sipirok Indonesia), Raja Parlindungan Pane menyebut, sejak diberi amanah menakhodai Ikapsi, dia telah membuat berbagai terobosan yang bermuara pada terwujutnya kampung halaman yang lebih berkembang, maju dan masyarakatnya sejahtera.

“Tahun lalu, di tempat ini dihadiri sekitar 1.500 peserta, kita menggelar acara ‘mangalomang’. Ada juga kegiatan ‘mulak tuhuta’ pada Hari Raya tahun lalu. Pembentukan DPD Ikapsi di beberapa daerah dan kota, seperti Batam,” terangnya.

Baca Juga : Ikapsi Jaga Silaturahmi di Kampung Halaman dengan ‘Paket Kurma Ramadhan’

Pada kesempatan itu, wartawan senior yang juga pengurus PWI Pusat ini menyinggung jika Ikapsi juga telah membangun komunikasi dan kemitraan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) , agar program pembangunan lebih tepat sasaran demi terwujutnya kemajuan di Sipirok seperti yang diharapkan.

“Saat acara mulak tuhuta, kita memotong kerbau, ‘marhorja’ (pesta adat). Bupati dan jajarannya turut serta. Acaranya sangat luar biasa. Tetapi, di dalam meriahnya acara itu, kami pengurus tetap memiliki semangat saat itu untuk merubah nama alun-alun menjadi adian pardomuan, dan itu telah disetujui Bupati,” ungkapnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles