32.5 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Hari Lingkungan Hidup, PTAR Tanam Ribuan Pohon dan Perluas Nursery

Sejumlah metode pembibitan diterapkan di nursery. Salah satunya, seed ball yang merupakan bulatan kecil berdiameter 20-30 centimeter berisi tanah pucuk, pupuk kompos, dan biji-biji tanaman. Benih tanaman tersebut nantinya dilempar ke area hutan alam atau area reklamasi, khususnya untuk keperluan pengayaan tanaman lokal maupun restorasi ekosistem. Selain dilempar langsung, seed ball bisa dijatuhkan menggunakan bantuan helikopter (aeroseedling).

Metode lain yang diterapkan di nursery PTAR antara lain, pengembangan teknologi kultur jaringan, penanaman pillow ball, dan penanaman hydroseeding. Jelang Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni lalu, PTAR melakukan aksi tanam 60.000 bibit mangrove serta menebar 50.000 bibit kerang dan kepitingkepiting, di lahan seluas 19 hektar di Kelurahan Kalangan dan Desa Sitio-tio Hilir, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapteng.

“Aksi penanaman mangrove kedua kalinya ini, jumlah bibit mangrove yang telah ditanam PTAR sejak 2023 sebanyak 90.000 bibit, di area seluas 29 hektar,” tukasnya.

Lebih jauh disampaikan, di ranah edukasi dan sosialisasi, PTAR menyelenggarakan seminar bertema ‘Strategi Restorasi Lahan dalam Mendukung Mitigasi Perubahan Iklim dan Konservasi Ekosistem Hutan Hujan Tropis’.

Baca juga:Protes, Masyarakat Dusun Tanjung Marulak Tanam Pohon Pisang di Lahan Perkebunan

Seminar yang dihadiri sekitar 150 orang secara daring dan luring ini, menghadirkan pemateri yakni, Guru Besar dan Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU), Delvian, serta Team Leader Panduan Penilaian Non-Carbon Benefits Implementasi REDD, Phil Iding A Haidir.

“Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditutup dengan lomba desa ramah lingkungan se-Kecamatan Batang Toru dan Muara Batang Toru, dengan total hadiah senilai Rp 67,5 juta. Desa Garoga meraih juara I, disusul Desa Hapesong Baru yang menduduki juara II dan Desa Pardamean merebut juara III,” pungkas Mahmud. (feliks/hm16)

Related Articles

Latest Articles