11.1 C
New York
Sunday, October 27, 2024

BPJS Ketenagakerjaan dan Pemkab Tapsel Pastikan Penyelenggara Pemilu Dilindungi

Rasyid mengungkapkan, pihaknya telah memberikan arahan kepada beberapa (Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), untuk mencermati anggaran yang bisa digunakan secara optimalkan sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah pada program BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami siap menjadi bagian dari terwujudnya UCJ yang telah dibahas tadi. Untuk seluruh perangkat yang bekerja dalam penyelenggaraan pemilu, juga tadi sudah kami bahas. Kami juga tengah persiapkan untuk memastikan adanya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi Badan Ad Hoc,” tutur Rasyid.

Sementara, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan, Eris Aprianto menegaskan, penyelenggara Jamsostek merupakan program wajib terkhusus kepada para pekerja yang memiliki nilai ekonomi.

“Melalui FGD ini kami berharap Pemkab Tapsel memberikan dukungan penuh akan perlindungan jaminan sosial sebagaimana yang diamanatkan UU Nomor 40 Tahun 2004, setiap orang berhak atas jaminan sosial untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak dan meningkatkan martabatnya menuju terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur,” tuturnya.

Baca juga: Kemendagri dan BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Aparatur Desa Dilindungi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Keterlibatan serta dukungan dari Pemkab Tapsel, lanjut Eris, akan memberikan dampak percepatan dalam Universal Jamsostek Coverage sehingga pekerja di wilayah Tapsel, baik yang bekerja di perusahaan ataupun pekerja mandiri serta pekerja rentan dapat terlindungi BPJS Ketenagakerjaan.

“Untuk diketahui, pekerja mandiri yang dimaksud meliputi dokter praktek mandiri, pengacara mandiri, pengusaha kecil dan mikro, asisten rumah tangga, pekerja lapangan harian, pekerja tukang, ojek dan pengemudi becak motor,” jelasnya.

Terkait dengan pelayanan, Eris menegaskan, pihaknya siap memberikan pelayanan kepada setiap peserta.

“Ada 12 kabupaten/kota yang kami layani, dan memiliki 4 Kantor Unit kerja untuk pelayanan on-site serta pelayanan Online Lapakasik dan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO). Masyarakat tidak perlu khawatir kami ada untuk seluruh pekerja,” ungkapnya.

Related Articles

Latest Articles