15.9 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Pastikan Keselamatan Pemudik, Sopir Angkutan Umum Jalani Test Urine Mendadak

Tanjungbalai, MISTAR.ID

Satuan Reserse Narkoba Polres Tanjungbalai menggelar tes urine mendadak kepada para awak angkutan umum dalam rangka Operasi Ketupat Toba mudik lebaran tahun 1445 H, Jumat (5/4/24). Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan keselamatan para pemudik.

“Tes urine ini dilakukan dalam rangka menghadapi proses arus mudik guna menjamin keselamatan para pemudik,” ujar Kasat Narkoba Polres Tanjungbalai, AKP R Silalahi.

Dia mengatakan, jika ada indikasi positif yang menggunakan zat narkotika dan psikotropika dalam tes urine ini, maka keberangkatan mobilnya akan dicegah. “Selanjutnya kami akan koordinasikan dengan pimpinan perusahaannya,” katanya.

Baca Juga : Jaga Integritas Polri, Personel Polsek Perbaungan Test Urine

Pemeriksaan urine ini tak hanya menyasar pengemudi angkutan umum, tetapi juga pengemudi kendaraan pribadi. Hal ini dilakukan untuk memastikan sopir tidak mengkonsumsi obat terlarang serta untuk memastikan sopir dalam keadaan sehat mengemudikan mobilnya.

“Giat bertujuan mencegah kecelakaan lalu lintas akibat pengemudi yang tidak sehat atau di bawah pengaruh obat terlarang,” jelasnya.

Selain Satres Narkoba, kegiatan ini juga melibatkan Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Dinas Pemadam Kebakaran. (saufi/hm24)

Related Articles

Latest Articles