2.8 C
New York
Saturday, January 11, 2025

Ombudsman Beri Penghargaan Pemko Tanjung Balai, Wali Kota: Alhamdulillah

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Kota Tanjung Balai menjadi salah satu dari 19 daerah yang mendapat penghargaan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 dari Ombudsman

Pimpinan Ombudsman RI, Dadan Suparjo Suharmawijaya yang langsung memberikan penghargaan itu kepada Wali Kota Tanjung Balai Waris Thalib, mengatakan bahwa pihaknya bukan sekadar memberikan penghargaan tetapi salah satu bagian untuk penguatan untuk para birokrasi dan terus bertekad memperbaiki pelayanan publik

Penghargaan pelayanan publik, kata Dadan, hanya instrument supaya tahun demi tahun dapat memberikan pelayanan publik terbaik untuk masyarakat. “Alhamdulillah Kota Tanjung Balai masuk zona hijau, nilai itu sesuatu yang tinggi. Sehingga bisa mempertahankan predikat terbaik. Semoga pertemuan ini bisa membawa berkah untuk kita semua,” ujarnya pada Selasa (26/11/24).

Baca juga:Pemkab Dairi Peringkat III Penilaian Pelayanan Publik dari Ombudsman RI

Wali Kota Tanjung Balai, Waris Thalib sendiri mengaku bangga kota dengan penghargaan yang diperoleh dari buah pemerintahannya, yaitu daerah yang masuk zona hijau atau memperoleh Opini Kualitas Tinggi.

Ia mengaku tak menyangka mendapat penghargaan dan langsung diberikan oleh pimpinan Ombudsman ke Tanjungbalai. “Kalau bahasa yang sering kami gunakan Tanjungbalai ini semakin terbuka auranya. Bapak Presiden hadir, Pimpinan Ombudsman hadir,” ujarnya.

Pada kesempatan itu ia berterima kasih kepada jajaran ASN Pemko Tanjung Balai yang terus beker sama memberikan pelayanan publik di Kota Tanjung Balai yang semakin bagus.

“Kita harus syukuri penghargaan ini. Dua tahun berturut-turut pelayanan publik di Kota Tanjungbalai masuk zona hijau. Kendati tiga tahun lalu, masih zona kuning bahkan pernah zona merah,” katanya.

Dia menjelaskan, usia Tanjung Balai sudah memasuki 404 tahun. Jadi pada 7 Desember 2024 nanti akan berulang tahun. Tetapi, pada usia ratusan tahun ini Tanjung Balai meraih beragam penghargaan.

Baca juga:Cegah Rugi Rp279 T per Tahun, Ombudsman Usul Ada Badan Khusus Urus Sawit

“Alhamdulillah. Banyak yang tidak mungkin tapi bagi yang kuasa tak ada yang tidak mungkin. Paling Utama disyukuri Amanah dari Allah. Kita menjaga dan memelihara dengan baik, Insya Allah akan hadir dihadapan kita keberkahan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia bilang dari Pemko Tanjung Balai berdiri, tahun 2024 ini meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023.

“Terimakasih kepada Ombudsman RI. Banyak penghargaan kita terima selama ini. Seperti penurunan stunting terbesar kedua di Indonesia. Target yang ditetapkan Gubernur Sumut harus paling minim 14 persen namun berkat bantuan kerja sama dari seluruh pemangku bisa tercapai lebih dari target,” katanya.

Sementara Direktur Riset dan Penelitian Kolektif Institut, Mario Firmansyah Harahap menyebutkan abhw penilaian Ombudsman sesuai dengan hasil survei yang dikeluarkan Kolektif Institut yang sebelumnya telah berkolaborasi dengan Pemko Tanjungbalai. Survei tersebut dilakukan pada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Hasil survei, masyarakat mengaku puas dengan pelayanan publik di Kota Tanjungbalai tahun 2024. Pemko Tanjung Balai juga mendapat nilai indeks kepuasan masyarakat (IKM) sebesar 80, 55 persen. (ril/saut/hm17)

Related Articles

Latest Articles