16.8 C
New York
Tuesday, August 20, 2024

Jelang Pilkada, Polres Tanjung Balai Fokus Titik Rawan Pengamanan

Tanjung Balai, MISTAR.ID

Polres Tanjung Balai melakukan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 di Lapangan Apel, Selasa (20/8/24).

Kapolres Tanjung Balai, AKBP Yon Edi Winara menjelaskan Sispamkota dirancang untuk mengelola dan mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada).

Baca juga : Pesan Kapolres Tanjungbalai Jelang Pilkada Serentak, Salah Satunya Hindari Berita Hoax

“Tujuan utama dari simulasi ini adalah agar seluruh personel mengetahui apa saja yang harus dilaksanakan dalam menangani rangkaian kegiatan proses pilkada untuk mewujudkan proses pemilu berlangsung dengan lancar, aman, dan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar AKBP Yon Edi.

Ada beberapa peragaan yang dilaksanakan dalam simulasi ini seperti Pengendalian Massa (dalmas) awal, dalmas lanjut, negosiator, dan Pengendalian Massa (PHH) dari Satuan Brimob yang terlibat.

Personel dilatih untuk menghadapi potensi gangguan selama tahapan pemilu, termasuk pendistribusian logistik, masa kampanye, pemungutan suara, hingga penetapan pemenang.

Baca juga : Kawal Hak Pilih, Bawaslu Tanjung Balai Rekomendasikan Penambahan TPS di 4 Kecamatan

“Kami telah memetakan setiap potensi kerawanan yang ada. Titik-titik rawan ini menjadi fokus utama dalam kegiatan pengamanan kami, “kata Kapolres.

Pelaksanaan simulasi ini untuk melatih kesiapsiagaan seluruh personel pengamanan dalam mencegah situasi yang mengganggu proses Pilkada. (saufi/hm18)

Related Articles

Latest Articles