14.8 C
New York
Tuesday, September 26, 2023

Tak Diundang Pemerintah dalam Sosialisasi PT DPM, Sulang Silima Sambo Unjuk Rasa

Sidikalang,MISTAR.ID

Tidak diundang dalam rapat sosialisasi PT. Dairi Prima Mineral (DPM) yang akan berlangsung besok Rabu (23/11/22) di Hotel Beristera Sidikalang, Sulang Silima Marga Sambo mengaku kecewa berat kepada Bupati Dairi. Sehingga mereka melakukan aksi unjukrasa.

Sulang Silima Marga Sambo adalah  salah satu marga pemegang hak ulayat (PHU) di lokasi kawasan eksplorasi pertambangan seng dan timah hitam di Sopo Komil Kecamatan Silima Punggpungga Kabupaten Dairi Sumatera Utara.

Kekecewaan itu disampaikan Iskandar Malau selaku kuasa hukum Sulang Silima Marga Sambo.

“Klien kami Ketua Sulang Silima Ali Husein Sambo sangat kecewa tak diundang ” kata Iskandar di Sidikalang Selasa(22/11/22)

Baca juga:Pemkab Dairi Diminta Sediakan Lapangan Kerja bagi Atlet Berprestasi

Atas kekecewaan itu, Sulang Silima Marga Sambo akan melakukan aksi unjuk rasa selama dua hari yakni pada hari Selasa(22/11/22) -Rabu(23/11/22) di depan Kantor Bupati Dairi

Kuasa hukum Ketua Sulang Silima Marga Sambo Se Indonesia, Iskandar Malau yang berkantor di Jalan 45 Sidikalang menandaskan bahwa kliennya mendukung kehadiran investasi. namun harus juga menghormati peradaban dan memenuhi hak-hak masyarakat.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Sekretaris Daerah, Budianta Pinem mengundang sejumlah pihak untuk sosialisasi PT DPM.

Dikatakan, sebagai protes kepada Pemerintah Dairi, mereka sudah mempersiapkan banyak massa sebagai perlawanan. Selain massa marga Sambo ikut juga massa marga Maha, marga Pardosi dan marga Boangmanalu sebagai pemuka masyarakat yang tidak diundang selaku warga yang merasakan dampak negatif kehadiran PT DPM di wilayah permukiman mereka .

Diketahui sebelumnya , Ali Husein Sambo melontarkan kalimat pedas dalam surat ditujukan ke Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Dirut PT DPM, Wakil Ketua Komisi 2 DPR RI Junimart Girsang dan Bupati Dairi tertanggal 21 Nopember 2022.

Menyangkut Sekda Dairi Budianta Pinem sebagai pengundang dalam sosialisasi PT DPM tersebut,  Sekda Dairi melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Aryanto Tinambunan mengatakan pertemuan ini difasilitasi oleh PT DPM.

Baca juga:Kolaborasi Pemko Medan-Pemkab Dairi Kendalikan Komoditi Pangan Diapresiasi

“Sekda Dairi dalam hal ini sebagai Pemerintah Kabupaten Dairi yang diminta PT DPM untuk memfasilitasi, terkait substansi undangan Pemerintah dan non pemerintah, itu ditentukan rekomendasi PT DPM,” kata Tinambunan.

Kembali Iskandar Malau membenarkan, bahwa mereka saat ini sedang berada di Makopolres Dairi , untuk kordinasi pengawalan massa dalam unjuk rasa yang akan berlangsung dua hari , yaitu hari Selasa dan Rabu besok . (manru/hm06)

Related Articles

Latest Articles