-1.7 C
New York
Sunday, February 25, 2024

Senyum Merekah Para Pejuang Kemerdekaan di HUT RI

Asahan Mistar

Meski merupakan gelaran tahunan bagi para veteran atau pejuang Kemerdekan, wajah sumringah tak pernah lepas dari senyum mereka. Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang HUT Kemerdekaan RI Pemerintah senantiasa mengundang mereka. Seperti Kabupaten Asahan yang menggelar ramah tamah dengan pejuang/perintis kemerdekaan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 di Kabupaten Asahan, Kamis (12/08/21).

Sekretaris Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Asahan Lasam M mengatakan, kemerdekaan yang dinikmati saat ini, bukan barang gratis atau hadiah dari bangsa penjajah, tetapi hasil dari perjuangan dengan mengorbankan tumpah darah dan air mata.

“Maka dari itu, hargai pengorbanan kami dan pejuang lainnya dalam memerdekakan Republik Indonesia yang kita cintai ini. Dalam memerdekakan Republik ini tidak semudah seperti yang kita lihat. Kalian sebagai genarasi penerus harus mampu melanjutkan perjuangan kami, dengan mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik mungkin,” ujar Lasam pada kesempatan tersebut.

Baca juga: HUT RI ke 75, Wali Kota Siantar Kunjungi Rumah Veteran Usia 101 Tahun

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan ini tampak dihadiri oleh Bupati Asahan, Kajari Asahan, Ketua Pengadilan Agama Kisaran, Danyon 126/KC, mewakili Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Mewakili Dandim 0208/Asahan, Mewakili Kapolres Asahan, Mewakili Ketua PN Kisaran, Sekretaris LVRI Kabupaten Asahan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asiten Administrasi Umum, Kakankemenag Kabupaten Asahan dan para pejuang/perintis kemerdekaan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Asahan Syamsudin, SH, MM dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ramah tamah ini adalah untuk merenungkan kembali dan mentauladani sejarah perjuangan para pejuang yang telah berkorban untuk memperjuangkan dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia serta memberikan pemahaman dan menanamkan semangat nilai-nilai kejuangan kepada generasi penerus bangsa.

Beliau juga melaporkan, mewakili para pejuang yang diundang pada hari ini sebanyak 20 orang, hal ini disebabkan karena pandemi covid-19 yang terdiri dari DPC – Legiun Veteran RI Kabupaten Asahan sebanyak 10 orang, DHC – 45 Kabupaten Asahan sebanyak 5 orang dan PEPABRI /WARAKAWURI Kabupaten Asahan sebanyak 5 orang.

Dikesempatan yang sama Ketua DPRD Kabupaten Asahan yang diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Asahan Ilham Harahap mengatakan, perjuangan para pejuang khususnya di Kabupaten Asahan harus dihargai. Selaku generasi penerus putra bangsa maka harus melanjutkan pembangunan serta mengisi pembangunan secara optimal.

Baca juga: Vaksinasi Massal di Toba: Lansia, Guru hingga Veteran Masuk Daftar

Menutup sambutannya beliau mengatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Perjuangan dan pengorbanan para pejuang tidak ternilai secara materi, sebagai generasi penerus, tidak dapat membalas jasa, akan tetapi  tetap mendoakan agar  para pejuang/perintis kemerdekaan diberikan kesehatan serta dalam lindungan Allah SWT.

Ditempat yang sama Bupati Asahan H. Surya, BSc menyampaikan bimbingan dan arahannya yang mengatakan, acara ramah tamah ini untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan/pejuang kemerdekaan serta menanamkan kembali arti pentingnya nilai-nilai kepahlawanan khususnya kepada para generasi muda penerus bangsa.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat meneladani nilai-nilai dan semangat perjuangan para veteran untuk meneruskan perjuangan membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini,” ujar Bupati. (juniver/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles