18.6 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Sambut Natal dan Tahun Baru, Tiket Online Penyeberangan Kapal Ferry Akan Diberlakukan di Samosir

“Untuk menghindari konflik dengan masyarakat setempat dan pelaku UMKM di sekitar Pelabuhan terkait penerapan pembelian tiket online, dapat diberlakukan sistem boarding pass, di mana penumpang diwajibkan berada di tempat 1 jam sebelum keberangkatan kapal,” sebutnya.

Kasat Lantas Polres Samosir, AKP Yuswanto menyampaikan pada perayaan Nataru 2022 – 2023 yang lalu, terjadi kemacetan panjang di dua lokasi pelabuhan, yakni pelabuhan Tomok dan Pelabuhan Simanindo.

Baca juga : Hindari Perjudian, Polres Samosir Gelar Diskusi Peningkatan Pengetahuan Digital Ekonomi Bagi Personilnya

Penerapan tiket online penyeberangan terbukti sangat membantu dalam mengatasi antrian panjang kendaraan.

“Faktor-faktor seperti jalan sempit, daerah pemukiman, pusat perbelanjaan souvenir dan minimnya lokasi kantong parkir menjadi kendala yang dihadapi di lokasi Pelabuhan Ferry Tao Toba/Tomok saat menghadapi perayaan Nataru,” ucapnya.

Sehingga menyebabkan terjadinya lonjakan antrian panjang kendaraan yang hendak menyeberang, dan berdampak pada kemacetan hingga ke bahu jalan.

Baca juga : Soal TGR TBPP Pemkab, Charles Sitindaon Diperiksa 7 Jam di Polres Samosir

Polres Samosir telah mengambil beberapa langkah untuk mengatasi hal tersebut, antara lain dengan pemasangan water barrier untuk menghindari parkir berlapis, melaksanakan patroli dan ploting personil, serta mendirikan pos pelayanan terpadu.

Rakor tersebut dipimpin Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman dan dihadiri sejumlah pihak terkait, termasuk Kadishub Kabupaten Samosir, Laspayer Sipayung; mewakili Kadishub Provinsi Sumut yakni Kepala UPTD ADP Parapat, Zubir; Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Danau Toba Rijaya S; General Manager PT ASDP Heru Wahyono, serta perwakilan dari berbagai perusahaan terkait. (pangihutan/hm18)

Related Articles

Latest Articles