9.3 C
New York
Sunday, March 3, 2024

Ribuan Pelaku UMKM Ada di Taput, Bupati Minta Pengadaan Dilakukan Secara Transparan

Taput, MISTAR.ID

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan menyambut kunjungan kerja Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKKP-RI) Kepala LKPP RI H Hendrar Prihadi, di Tapanuli Utara bertempat di Sopo Partungkoan, Kamis (7/12/23).

Nikson Nababan dalam sambutannya mengatakan, saat ini perkembangan UMKM di Taput sangat luar biasa.

“Dulu masih ratusan dan saat ini sudah ribuan UMKM yang berdiri di Taput ini, dimana Pemda Taput turut memfasilitasi dengan memberikan bantuan dan sertifikasi,” ujarnya.

Dikatakan, pengadaan barang/jasa pemerintah saat ini tidak sekadar mencari harga termurah dari penyedia. Pengadaan barang/jasa saat ini diukur dari aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya, dan penyedia (value for money).

“Artinya setiap rupiah yang dibelanjakan harus mampu memberikan nilai tambah bagi pencapaian kebutuhan barang/jasa. Dalam rangka mewujudkan value for money, maka perencanaan pengadaan memegang peranan yang sangat penting karena proses pengadaan yang tidak direncanakan dengan baik akan berakhir pada permasalahan hukum dan berpotensi menjadi temuan auditor,” ucapnya.

Baca Juga : Bupati Taput Hadiri Natal Persatuan Wartawan Indonesia Bonapasogit

Menurutnya, ke depan pihaknya akan terus melaksankaan seluruh pengadaan barang/jasa secara elektronik yang transparan dan akuntabel. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi biaya dan efektifitas proses pengadaan, membuka kesempatan yang lebih luas dan merata ke seluruh penyedia, serta bersaing memberikan harga barang/jasa yang wajar dan terbaik.

“Termasuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya, dan mungkin dalam kesempatan ini akan ada diskusi tanya jawab,” sebutnya.

Dalam laporannya, Kabag Pengadaan Barang/Jasa Afrinton Siregar mengatakan, jumlah peserta kurang lebih 420 orang adalah pelaku pengadaan barang/jasa pada unit kerja masing-masing.

Peserta yang hadir antara lain Pimpinan Perangkat Daerah Se-Kabupaten Tapanuli Utara Para Kepala Bagian Setdakab Tapanuli Utara Para Camat Se-Kabupaten Tapanuli Utara Para Lurah Se-Kabupaten Tapanuli Utara PA/KPA/PPK/Pokja Pemilihan/Pejabat Pengadaan/Pptk Ketua Kadin Kabupaten Tapanuli Utara dan Pelaku Usaha/UMKM di Tapanuli Utara.

Baca Juga : Bupati Taput Lantik 19 Pejabat Eselon dan Pejabat Pengawas

Kepala LKPP RI H Hendrar Prihadi kemudian memberikan paparan tentang memaknai ekonomi berdikari, sebagai strategi mewujudkan cita-cita kemerdekaan Negara Indonesia. Hendrar menjelaskan, salah satu kunci kemandirian ekonomi adalah mendorong produk dalam negeri menjadi raja di negeri sendiri, inovasi pengadaan melalui e-Katalag untuk lebih mudah dalam pemilihan produk dalam negeri dan UMK-Koperasi.

“Tapanuli Utara beruntung mempunyai Bupati seperti Mas Nikson karena komitmennya yang sangat luar biasa. Saya juga sangat surprise, ini kali pertama saya ke Tapanuli Utara, saya bisa liat Danau Toba yang indah, dan tadi pagi saya diajak ke tempat wisata Air Soda, menurut saya air soda tempat wisata terkeren di dunia karena airnya sodanya,” tuturnya.

Related Articles

Latest Articles