-1.7 C
New York
Sunday, February 25, 2024

Ribuan Bibit Pohon Ditanam di Kawasan Geopark Kaldera Toba

Toba, MISTAR.ID

Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak menyampaikan ucapan rasa syukur atas adanya program penanaman pohon. Apalagi saat ini dengan perubahan iklim yang terjadi menjadikan pentingnya pohon untuk ditanam kembali.

Hal ini dikatakan Wabup Tonny pada acara penyerahan bibit pohon kepada masyarakat kawasan Geopark Kaldera Toba yang berada di Kecamatan Tampahan dan Balige di Hariara Punsu Bukit Singgolom, Kecamatan Tampahan, Rabu (13/4/22).

Tonny berharap masyarakat penerima bibit pohon bantuan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara agar merawat  dan menjaga pertumbuhannya. Ia juga bermohon akan penambahan jumlah pohon yang dapat diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut kedepannya terutama untuk kawasan wisata geopark yang ada di Kabupaten Toba.

Baca Juga:Bupati Taput Terima Audiensi Pengelola Toba Caldera Unesco Global Geopark

Selain itu, Tonny juga menyampaikan melalui gerakan Tahun Kesehatian Gereja  HKBP dalam bentuk program peduli lingkungan hidup, gereja juga akan melakukan penanaman pohon serentak di Kabupaten Toba. Pada kesempatan ini, Tonny menekankan agar 4 desa yang memperoleh bantuan bibit pohon untuk benar-benar melaksanakan penanaman pohon karena benih yang diberikan adalah benih yang terbaik.

Acara pemberian 2.672 bibit pohon berbagai jenis ini juga dirangkai dengan penanaman sejumlah pohon yang dilaksanakan Pemkab Toba melalui Dinas LHK Toba bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut di lokasi Bukit Singgolom. Adapun bibit pohon yang dibagikan adalah alpukat, aren, duku label biru, jengkol, kayu manis, matoa, nangka, dan rambutan yang telah disertifikasi sesuai jumlahnya.

Bibit pohon ini akan dibagikan untuk kawasan geoside kaldera yang terbagi di 4 desa yaitu Desa Lintong Nihuta bagi Kelompok Tani Siparmanukan sebanyak 750 bibit, Desa Tarabunga bagi Kelompok Tani Hutan Bunga Nauli sebanyak 585, Desa Lumban Silintong bagi Kelompok Tani Lumban Binanga sebanyak 587 dan Desa Meat  bagi Kelompok Tani Pansinaran sebanyak 600 bibit, serta bagi gereja HKBP sebanyak 150 pohon.

Baca Juga:Kaldera Toba Resmi Jadi UNESCO Global Geopark

Kadis Lingkungan Hidup Provsu dalam sambutannya yang disampaikan melalui Kepala UPT Pengelolaan Kualitas Air Danau Toba, Abner Tarigan menyampaikan, melalui program pengelolaan geopark dikhususkan hanya pemberian bibit pohon dengan maksud untuk mengangkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kawasan geopark. Di mana ketiadaan biaya tanam sengaja dilakukan agar partisipasi masyarakat langsung dapat dilakukan.

Abner juga menyampaikan pesan kepada masyarakat agar melakukan jarak tanam pohon sepanjangan 7 meter. Sedangkan antar baris 8 meter dengan ke dalaman tanam baiknya setinggi polyback agar tanaman dapat tumbuh baik serta harapannya dalam dua bulan ke depan semua sudah selesai ditanam. (james/hm14)

Related Articles

Latest Articles