-1.7 C
New York
Sunday, February 25, 2024

Reses Anggota DPRD Sumut ke Toba, Ini yang Disarankan Jubel Tambunan Pada Warga

Toba, MISTAR.ID

Anggota DPRD Sumut Jubel Tambunan menampung sejumlah aspirasi masyarakat Desa Lumban Gaol, dan Desa Lumban Pea Timur Kecamatan Balige Kabupaten Toba, saat kegiatan Reses I pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara di daerah pemilihan (Dapil) Sumut 9, bertempat di lapangan sepak bola Desa Lumban Gaol, Selasa (9/11/21).

Acara temu ramah kegiatan reses berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yang dihadiri seratusan warga kedua desa tersebut.

Warga menyampaikan sejumlah aspirasi yang nantinya diharapkan dapat diperjuangkan oleh Jubel Tambunan yang berada di Komisi D DPRD Sumut. Dalam rangkaian reses, Jubel Tambunan turut didampingi dr Nico Sitompul perwakilan Dinas Kesehatan Sumut, dan juga perwakilan Dinas Koperasi UMKM Sumut.

Baca Juga:Reses ke II DPRD Toba Prioritaskan Pembenahan Infrastruktur dan Pengawasan Dana Desa

Nico Sitompul menyebutkan, sebanyak 70 ribu warga Toba telah mendapatkan bantuan subsidi kepesertaan BPJS. Hal itu sebagai implementasi pemerintah dalam mendukung pelayanan kesehatan masyarakat melalui program Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Dalam arahannya, Jubel Tambunan mengatakan, agar masyarakat kedua desa tersebut bersatu padu untuk mencapai suatu tujuan.

Terkait sejumlah aspirasi masyarakat yang diterimanya, Jubel Tambunan mengusulkan agar pemerintahan desa membuatkan peraturan desa (Perdes) pada sektor usaha vital, sehingga nantinya setiap program desa dapat berkekuatan hukum untuk kemaslahatan masyarakat banyak, misalnya unit usaha-usaha yang akan dikembangkan seperti usaha kepariwisataan, pertanian maupun perikanan.

Baca Juga:Reses, Anggota DPRD Deli Serdang Tampung Aspirasi Warga BSP

“Buatkanlah Perdes-nya agar setiap program dapat berjalan secara terukur. Upayakan juga setiap kelompok tani berjalan maksimal, sehingga nantinya saat menyampaikan proposal dukungan pengadaan bibit, pupuk bahkan alat-alat mesin pertanian dapat menjadi pertimbangan bagi pemerintah untuk memprioritaskan setiap usulan melalui proposal,” sebutnya.

Selain itu, Jubel meminta warga menerapkan pola tanam serentak pada sektor pertanian guna menghindari kelangkaan ketersediaan pupuk bersubsidi. Menurut Jubel, hingga saat ini pola pertanaman serentak masih jauh dari harapan, sehingga mengakibatkan kerugian bagi petani sendiri.

Baca Juga:Reses, Anggota DPRD Deliserdang Tampung Aspirasi Warga

Jubel Tambunan di penghujung sambutannya, memohon doa restu masyarakat secara khusus di Dapil Sumut 9 agar kiranya seluruh aspirasi warga dapat bertahap terealisasi pada tahun mendatang.

“Akan kami perjuangkan aspirasi ini. Kami akan terus bekerja keras mendorongnya agar dapat terealisasi,” ucapnya.

Reses ini turut dihadiri anggota DPRD Toba Fraksi Nasdem Boy Antoni Simangunsong, kedua kepala desa, Sekretaris Partai Nasdem Toba Jojor M Napitupulu dan pengurus Nasdem Toba lainnya.(james/hm10)

Related Articles

Latest Articles