24.2 C
New York
Sunday, June 2, 2024

Peringati HAN 2023 LPA Deli Serdang Apresiasi 3 Tokoh Peduli Anak

Deli Serdang, MISTAR.ID

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023 di Kabupaten Deli Serdang digagas Lembaga Perlindungan Anak (LPA) berkolaborasi dengan pengelola wisata jajanan ‘Pasar Kamu’ di Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Minggu (23/7/23).

Diwarnai penepung tawaran puluhan anak serta pemberian tali asih kepada belasan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Serta pemberian souvenir dan pemberian penghargaan kepada tiga tokoh di Kabupaten Deli Serdang yang dinilai berdedikasi dalam perlindungan terhadap anak.

Ketua LPA Deli Serdang Junaidi Malik didampingi Wakil Ketua M Andi Yusri menuturkan, meskipun peringatan HAN 2023 kali ini sangat sederhana, namun terasa khidmat dan penuh dengan makna luar biasa.

Baca juga: Peringati Hari Anak, TIF Gelar Aneka Perlombaan Bertajuk ‘Aku Anak Nusantara’ Selama 2 Hari

Konsep acara yang dikemas dengan suasana alami di area wisata kuliner ‘Pasar Kamu’ menjadi lebih terasa mengingatkan kembali suasana kehidupan masa lampau.

Selain itu, gagasan kolaborasi dengan manajemen ‘Pasar Kamu’ terasa lebih sakral dengan adat istiadat kearifan lokal lewat tradisi tepung tawar yang dimaknai sebagai bentuk doa. Menjemput semangat bagi anak dengan harapan mereka merasakan bahagia dan terus terlindungi sejalan tema HAN 2023 “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Junaidi mengapresiasi dukungan Pemkab Deli Serdang khususnya Dinas P3AP2KB, Dinas Pemuda Olahraga, kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar), Pemerintah Kecamatan Pantai Labu, dan manajemen Pasar Kamu serta pihak lainnya yang telah turut mendukung.

Baca juga: Meriahkan Hari Anak Nasional, Rumah Sakit di Medan Gelar Perlombaan

Junaidi juga mengajak para orang tua untuk membangun sistem perlindungan anak di rumah agar anak yang merupakan generasi penerus dapat terlindungi dari kejahatan yang semakin tinggi belakangan ini.

“Anak adalah masa depan kita. Mari bersama melindungi anak untuk menyelamatkan masa depan,” tutupnya.

Lanjut Junaidi, pihaknya sangat mengapresiasi dukungan semua pihak dalam peringatan HAN 2023.

“Ini adalah bentuk tanggung jawab kita bersama dalam memberikan perlindungan terhadap anak-anak di Deli Serdang,” tuturnya.

Baca juga: Peringatan Hari Anak di Rumah Baca Pelita Bangsa, 108 Siswa SD Ikuti Lomba Mewarnai

LPA Deli Serdang juga turut memberi tali asih kepada belasan ABK dari Pusat Kegiatan belajar Masyarakat (PKBM) Bunayya Kecamatan Pantai Labu. Serta berbagi souvenir kepada sejumlah anak yang dinilai punya interaksi positif juga cerdas dalam menjawab sejumlah pertanyaan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Deli Serdang, Miska Gewasari mengatakan. HAN merupakan momentum spesial untuk anak-anak di Indonesia khususnya di Kabupaten Deli Serdang.

“Anak-anak harus bahagia pada hari ini. Hari ini merupakan momentum kebahagiaan untuk anak-anak kita,” ungkapnya.

Baca juga: Yuk, Pasang Twibbon Hari Anak Nasional 2023 untuk Peringatannya 23 Juli

Miska mengingatkan, bahwa anak dalam masa tumbuh kembangnya harus dipahami termasuk emosionalnya. Pemahaman yang baik terhadap perkembangan emosional anak sangat menentukan pembentukan karakternya.

“Tinggal lah orang dewasa mendampingi anak, memahamkan kenapa sesuatu itu boleh dan tidak boleh dilakukan,” terang Miska.

Serupa juga disampaikan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Deli Serdang, Ismail.

Baca juga: 743 Anak PAUD dan TK Ikuti dan Meriahkan Gebyar Expo Hari Anak Nasional Kota Medan

“Semoga ‘Pasar Kamu’ menjadi wisata jajanan tradisional yang menciptakan suasana aman, nyaman dan ramah pada anak. Sehingga setiap anak akan merasa bahagia jika berwisata ke ‘Pasar kamu’,” tandasnya

Turut hadir mantan Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik, Kadis Porabudpar Ismail, Kadis Dukcapil Misran Sihaloho, Camat Pantai Labu Muhammad Faisal Nasution, Bunda PAUD Kecamatan Pantai Labu Hani M Faisal Nasution dan sejumlah tokoh pegiat perlindungan anak di Deli Serdang. (Sembiring/hm21).

Related Articles

Latest Articles