21 C
New York
Friday, May 3, 2024

Pedagang Sebut Ikan Kembung Langka di Sergai

Sergai, MISTAR.ID

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki protein cukup tinggi dan mengandung Omega 3 yang baik bagi kesehatan. Namun belakangan ada salah satu jenis ikan yang langka di pasaran, yaitu ikan jenis kembung. Ikan ini sangat di gemari semua lapisan masyarakat, mengingat rasanya yang gurih sehingga banyak diburu pembeli.

Hendra, salah seorang pedagang ikan yang biasa berjualan dekat Simpang Belidahan Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Sergai, mengatakan sudah sebulan ikan kembung mengalami kelangkaan di Serdang Bedagai (Sergai). Kalaupun ada di pasaran, jumlahnya sedikit dengan harga yang cukup tinggi.

Hendra menambahkan, ikan kembung dagangannya sudah ludes terjual karena stoknya cuma sedikit sehingga tidak butuh waktu lama untuk menjualnya. Meskipun begitu menurutnya ikan jenis kembung sudah mulai jarang. Sebab di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) jarang ada ikan kembung. Kalaupun ada, harga pengambilannya mahal.

Baca Juga:Musim Hujan, Pedagang Ikan Sebut Stok Minim Bikin Harga Jadi Naik

“Hari ini kita sempat jual kembung namun cuma sedikit. Itupun ikan kembung jenis kuring dan sudah habis. Sedangkan kembung jenis keda tidak ada kita jual karena kosong stoknya. Kira- kira sejak sebelem tahun baru hingga sekarang ikan kembung jarang kita jual. Karena di TPI pun jarang ikan itu ada,” ungkap Hendra.

“Makanya kita pun sebagai pedagang terpaksa menjual ikannya dengan harga mahal. Biasanya ikan kembung kuring dijual Rp35.000 hingga Rp40.000 per Kg. Ikan kembung keda Rp25.000 hingga Rp30.000 per Kg, tergantung kondisi ikannya,” tambah Hendra.

Namun saat ini, harga ikan kembung kuring Rp45.000 hingga Rp50.000 per Kg. Dan untuk ikan kembung keda Rp35.000 hingga Rp40.000 per Kg, tergantung kondisi ikannya, seperti besar dan kecilnya ikan.

Baca Juga:Harga Cabai Merah Turun, Sayur dan Ikan Mahal di Medan

“Dari informasi yang saya dengar dari toke dan nelayan di TPI, penyebab langkanya ikan kembung gara-gara cuaca yang buruk dan kondisi angin yang kencang, sehingga menyulitkan nelayan untuk menangkap ikan. Apalagi katanya sempat ada kapal yang karam.”

Pantauan mistar.id pada Senin (30/1/23) di beberapa lokasi pedagang ikan di Sei Rampah, banyak pedagang yang tidak menjual kembung. Rata-rata pedagang mengaku stok ikan kembung sedang kosong.(boby/hm15)

Related Articles

Latest Articles