27.3 C
New York
Friday, July 19, 2024

Tim Saber Pungli Labuhanbatu Sosialisasi Anti Korupsi dan Gratifikasi di 5 Tempat

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Inspektorat Kabupaten Labuhanbatu bersama Polres dan Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat melakukan sosialisasi anti korupsi dan gratifikasi di Aula Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Jalan Meranti, Kecamatan Rantau Utara, pada Kamis (18/7/24).

Sekretaris Inspektorat Feby Noach Hamonangan Saragih mengatakan, kedatangan pidahknya dari tim sapu bersih pungutan liar (saber pungli) untuk melakukan sosialisasi di instansi-instansi yang sifatnya pelayanan publik.

“Tim saber pungli terdiri dari Polres Labuhanbatu, Kejari dan Inspektorat,” kata Feby.

Baca juga:Oknum Anggota Bawaslu Medan Terjerat OTT Tim Saber Pungli Polda Sumut

Dikatakan, tujuan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman agar terhindar dari praktik-praktik pungli dan korupsi.

Feby pun menyebutkan, tim saber pungli juga melakukan sosialisasi di 5 tempat, yaitu Kantor Disdukcapil, Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Kesehatan (Dinkes) Camat Rantau Utara, dan Camat Rantau Selatan.

“Kita berharap kepada para pegawai dan para pemangku kebijakan agar sama-sama mendengarkan dan memahami apa saja yang disampaikan dari pihak Polres dan Kejari Labuhanbatu,” paparnya.

Kasiwas Polres Labuhanbatu, AKP Sutyono menjelaskan praktek-praktek korupsi biasanya terindikasi di bagian pelayanan publik. Untuk itu perlu pihaknya memberikan pemahaman agar terhindar dari praktik-praktik korupsi.

Baca juga:Polres Sergai Terima Kunjungan Tim UPP Provsu Saber Pungli

“Kami berharap melalui sosialisasi ini bapak dan ibu dapat sebisa mungkin untuk menghindari korupsi, karena sudah digaji oleh negara. Jangan sampai melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat berdampak pada diri sendiri dan instansi di mana bapak dan ibu bekerja,” imbuhnya.

Sementara, Seksi Tindak Pidana Umum Kejari Labuhanbatu, Datuk secara tegas mengatakan siap mendukung kinerja tim satgas saber pungli di wilayah tersebut.

Sosialisasi turut dihadiri pihak Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Inspektur Pembantu Wilayah III Indra Hamsah, Inspektur Pembantu Wilayah I Erida Afni, Fungsional Pengawas Inspektorat Abdul Haris Nasution dan personel Seksi Pengawasan Polres Labuhanbatu. (yazis/hm16)

Related Articles

Latest Articles