19.2 C
New York
Wednesday, September 4, 2024

Plt Bupati Labuhanbatu: Peran PMI Diharapkan dalam Kondisi Darurat dan Non Darurat

Labuhanbatu, MISTAR.ID

“Sebagai organisasi kemanusiaan, peran Palang Merah Indonesia (PMI) membantu pemerintah saat kondisi darurat maupun non darurat sangat diharapkan, dengan tetap menjaga kemandirian dan kenetralan dalam penyelenggaraan kepalangmerahan ke masyarakat,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, Ellya Rosa Siregar.

Ini disampaikan saat menghadiri pelantikan pengurus PMI Kabupaten Labuhanbatu periode 2024-2029 di Rantauprapat Convention Center, Jalan Ika Bina, Kecamatan Rantau Selatan, pada Selasa (3/9/24).

Ellya berharap, pengurus yang dilantik ke depan hendaknya dapat selalu tegak lurus mendukung visi misi program dan kebijakan pemerintah daerah, serta mampu membawa perubahan bagi kemajuan dan kemandirian PMI.

Baca juga:Gandeng PMI, KSOPP Danau Toba Gelar Donor Darah Sambut HUT RI

“Ini agar PMI dapat tumbuh dan berkembang sebagai organisasi yang solid dan semakin profesional, untuk selanjutnya bersama-sama dapat membangun daerah yang kita cintai,” ujarnya.

Menurutnya, PMI merupakan wadah berkumpulnya para insan-insan yang memiliki pengalaman, kompetensi, kapasitas dan kapabilitas sangat luar biasa, serta sudah pernah terlibat dan berkiprah dalam memberikan jasa yang besar khususnya bagi masyarakat dan Pemkab Labuhanbatu.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rahmat Shah menegaskan, kiranya para pengurus PMI Kabupaten Labuhanbatu dapat menjalankan tupoksinya sesuai dengan peraturan dan ketetapan yang telah ditetapkan, dengan mengedepankan rasa kemanusiaan.

“Bekerja dan jalankan tugas dengan sebagaimana mestinya dengan mengutamakan hati nurani, karena PMI organisasi kemanusiaan,” pesannya.

Baca juga:MUI & PMI Kota Medan Meriahkan Pekan Khas III dengan Donor Darah

Rahmat juga menyampaikan, setiap warga negara akan mendapatkan penghargaan dari PMI atas partisipasinya mendonorkan darah dilihat dari jumlah donor. Lanjutnya, 100 kali donor ada penghargaan dari Presiden dan cincin emas, 75 kali dari PMI Pusat, 50 kali PMI Provinsi, dan 25 kali PMI Kabupaten/Kota.

Pengurus PMI Labuhanbatu yang dilantik di antaranya Ketua, Muhammad Rusli, Sekretaris, Khairul Zaman, dan Bendahara, Muhammad Asgard.

Rusli dalam sambutannya mengatakan, PMI tidak akan menjadi berbeda hanya karena suku, ras, maupun politik. Dia mengatakan, PMI hanya akan berdiri dan bertindak untuk kemanusiaan, serta akan hadir di mana bencana dan kesulitan.

Dalam rangkaian pelantikan itu, PMI memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada pihak-pihak yang turut membantu dalam pergerakan kemanusiaan. (yazis/hm16)

Related Articles

Latest Articles