16.5 C
New York
Tuesday, September 24, 2024

Ellya Siregar: Pramuka Adalah Pelopor Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Secara Utuh

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Menjadi inspektur upacara (irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 tahun Gerakan Pramuka Labuhanbatu, Selasa (24/9/24) di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, ada beberapa pesan penting yang mengikat hati para peserta upacara yang disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, Ellya Rosa Siregar.

Selain menyampaikan tema ‘Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI’, Ellya menegaskan bahwa setiap Pramuka merupakan pelopor pengamalan nilai-nilai Pancasila secara utuh, berkesinambungan, dan mencakup pengamalan sila demi sila dari pandangan dalam aktivitas sehari-hari.

“Yang pada intinya dengan memegang teguh kode etik kehormatan Pramuka dan penerapan prinsip dasar Pramuka dan metode Kepramukaan secara utuh Pramuka menjadi dasar pengamalan nilai-nilai patriot,” ucapnya.

Baca juga:Peringatan Hari Pramuka di Sergai, Bupati Soroti Pentingnya Pendidikan Karakter

“Saya selaku Kamabicab mengucapkan terima kasih kepada Kakak Ketua Kwartir Cabang dan segenap Anggota Pramuka Labuhanbatu yang sudah berperan aktif memeriahkan Hari Pramuka ke-63, dalam bentuk ikut serta mengikuti perlombaan-perlombaan sebelumnya,” sambung Plt Bupati.

Di akhir amanatnya, ia berpesan agar lebih giat lagi berlatih di bawah bimbingan para pembina Gugus Depan serta dukungan dari Kakak para Kamabigus selaku pemangku kebijakan.

“Selamat Hari Pramuka, ikhlas bakti bina bangsa, berbudi bawa laksana. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan,” kata Ellya.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana, Arwan Azhar Sianipar melaporkan bahwa Kwarcab Pramuka Labuhanbatu telah melaksanakan beberapa kegiatan yang diikuti oleh 70 Gugus Depan mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat.

Baca juga:Hari Pramuka ke-63, Plt Bupati Labuhanbatu Terima Lencana Melati

Ia juga mengatakan, bahwa sumber dana dalam kegiatan bersumber dari dana hibah Pramuka tahun anggaran 2024.

Kegiatan dirangkum dengan penampilan-penampilan dari Anggota Pramuka, serta pengumuman juara lomba yang sebelumnya telah diikuti.

Turut hadir pada apel tersebut, mewakili Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Labuhanbatu, Staf Ahli Bupati, Turing Ritonga, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua Kwarcab Pramuka Labuhanbatu, Sentosa Pohan, Kakak Pembina Pramuka, Kakak Kamabigus Pramuka, dan tamu undangan lainnya. (yazis/hm16)

Related Articles

Latest Articles