19.2 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Ketua TP PKK Pakpak Bharat Ajak Pengurus Hidupkan Kembali PAUD di Desa

Pakpak Bharat, MISTAR.ID

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pakpak Bharat Juniatry Franc Tumanggor melantik Ketua TP PKK kecamatan dan desa, Selasa (8/2/22).

Dalam pelantikan yang digelar di Balai Diklat BKPSDM Cikaok, Juniatry berpesan agar ketua dan pengurus PKK di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa mampu mengembangkan dan menguatkan peran PKK dalam membantu pemerintah di berbagai bidang, pendidikan, kesehatan serta bidang lainnya.

“Hal yang menjadi tantangan saat ini dan ke depan adalah bagaimana kita bisa mengembangkan dan membudayakan 10 program pokok PKK sesuai eksistensinya dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Sehingga PKK akan tumbuh menjadi pilar kokoh, tidak hanya fokus pada kesejahteraan keluarga, namun juga dapat berpartisipasi pada sektor lain. Serta berbagai isu terkait perempuan dan anak, edukasi pencegahan perkawinan anak, pencegahan stunting, kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta upaya penguatan ekonomi keluarga pada masa pandemi Covid-19 ini,” pesan Juniatry.

Baca Juga:Ketua TP PKK Simalungun Serahkan Bantuan Mesin Penggiling Jahe ke Warga

Ketua TP PKK juga mengajak seluruh ketua dan pengurus PKK agar menghidupkan kembali Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di desa dan kecamatan masing-masing.

“Bunda PAUD yang juga kita kukuhkan hari ini agar berperan aktif di wilayahnya masing-masing seperti penitipan anak, kelompok bermain dan lain sebagainya,” ujarnya.

Pelantikan TP PKK kecamatan dan desa dirangkai dengan pengukuhan Bunda PAUD kecamatan dan desa se-Kabupaten Pakpak Bharat.

Baca Juga:Refleksi 5 Tahun, TP-PKK Siantar Gelar Acara Silaturahmi

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor didampingi Wakil Bupati Mutsyuhito Solin mengatakan, organisasi PKK memiliki peran dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta membantu tugas-tugas pemerintah.

Tujuan utama dari gerakan PKK adalah mewujudkan kesejahteraan keluarga yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahir batin.

“Kesejahteraan keluarga harus kita upayakan karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang mempunya arti besar dalam proses pembanguan suatu daerah,” terang Bupati.  (sampang/hm14)

Related Articles

Latest Articles