22.6 C
New York
Wednesday, June 19, 2024

Jelang Idulfitri 1444 H, Kapolres Tanah Karo Cek Kesiapan Jalur Alternatif Berastagi – Kabanjahe

Karo, MISTAR.ID

Jajaran Polres Tanah Karo melakukan pengecekan ke jalur-jalur alternatif, menjelang musim liburan hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Pengecekan dilaksanakan langsung Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar bersama Waka Kompol Aron S dan pejabat utama lainnya, Sabtu(15/4/23). Pengecekan dilakukan untuk memastikan kesiapan jalur alternatif agar dapat digunakan dengan nyaman bagi masyarakat yang datang maupun melintas Kabupaten Karo, mengantisipasi peningkatan mobilisasi masyarakat, khususnya para pemudik dan wisatawan saat Idulfitri.

“Hari ini kita lakukan pengecekan jalur alternatif dari arah Medan menuju Berastagi hingga Kabanjahe maupun sebaliknya. Jadi dari pengecekan ini, kita ingin pastikan jalur alternatif siap digunakan sehingga bisa dimaksimalkan saat ada peningkatan arus lalulintas,” ujar Kapolres AKBP Ronny.

Baca Juga:Kapolres Tanah Karo Beri Penghargaan kepada Personel yang Ungkap Kasus Pembunuhan

Jalur alternatif yang dilakukan pengecekan terutama jalur lintas Kabupaten Karo menuju Medan, mulai dari persimpangan RSU Amanda, menuju ke Desa Gurusinga, Berastagi. Di mana jalan ini nantinya akan mengarah ke Jalan Udara Berastagi.

Selanjutnya, jalur alternatif yang masih menghubungkan antar alternatif lainnya dari Jalan Udara menuju ke Jalan Perwira Berastagi. Untuk jalur ini, nantinya akan mengarah ke kawasan Desa Jaranguda menuju ke Simpang Pelawi, Desa Tongkoh, Berastagi.

Dijelaskan Ronny, pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan sebelum masuk masa puncak arus mudik Lebaran maupun arus balik lebaran. “Saat pengecekan tadi, tampak di sejumlah titik masih terdapat lubang dan masih dalam perbaikan jalan maupun drainase. Alhasil, situasi berlubang dan masih banyak genangan, sehingga menggangu arus lalulintas.”

Baca Juga:Kapolres Tanah Karo Pimpin Sertijab Kapolsek Berastagi dan Barusjahe

Kemudian jalan yang seharusnya bisa digunakan dua lajur, menjadi menyempit dan hanya bisa dilalui satu lajur. Melihat hal ini, Ronny mengatakan sudah meminta kepada pihak terkait yang mengerjakan agar segera melakukan perbaikan. “Kami sudah koordinasikan dengan pejabat terkait untuk dibersihkan. Supaya bisa dimaksimalkan penggunaannya,” katanya.

Polres Tanah Karo juga akan menempatkan beberapa personel di perlintasan jalur alternatif dan protokol untuk menghindari penyerobotan atau saling mendahului jika terjadi antrean kendaraan. “Untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat agar tertib berlalulintas serta mengikuti imbauan dari personel yang ada di lapangan. Saat terjadi antrean yang cukup panjang, agar masyarakat bersabar mengantre,” tutup Ronny.(eva/hm15)

Related Articles

Latest Articles