20.4 C
New York
Friday, September 27, 2024

Warga Antusias Ikuti Senam Sehat dan Donor Darah di Tanjung Morawa

Deli Serdang, MISTAR.ID

KONI Deli Serdang bersama Unit Transfusi Darah RSUD H Amri Tambunan dan Dinas Kesehatan (Dinkes) daerah itu menggelar senam sehat dan donor darah di Desa Buntu Bedimbar (Lapangan Bola depan SMAN 1) Tanjung Morawa, Sabtu (22/6/24).

Terlihat, ratusan pelajar tingkat SMA memadati lapangan untuk mengikuti senam sehat. Begitu juga antusias masyarakat mengikuti donor darah tersebut sehingga harus mengantri.

Koordinator Donor Darah KONI Deli Serdang, dr Silvia Karlina mengatakan manfaat donor darah bagi kesehatan cukup banyak. Seperti menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Baca juga : RSUD Dr Pirngadi Beri Penyuluhan Kesehatan ke Ratusan Pelajar di Medan

Kemudian dapat menurunkan kekentalan darah yang menjadi penyebab dari penyakit jantung,serta membantu menurunkan berat badan.

Kata dr Silvia, setiap orang dapat melakukan donor darah setidaknya 3-4 kali pertahun,sehingga dapat menghindari efek buruk dalam tubuh.

“Karena setiap 3 bulan adalah waktu yang cukup untuk seorang pendonor memproduksi sel-sel darah yang baru,” ujar dr Silvia.

Baca juga : Batalyon B Sat Brimob Gelar Donor Darah Buat Disumbang ke RS Adam Malik Medan

Ketua Umum KONI Deli Serdang, dr Asri Ludin Tambunan berharap kegiatan yang mereka gelar dapat menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mendonorkan darahnya, termasuk Yon A Brimob Tanjung Morawa yang mengirimkan sejumlah personilnya untuk donor darah. (rinaldi/hm18)

Related Articles

Latest Articles