21.9 C
New York
Friday, September 27, 2024

Tingkatkan Akurasi Data Daerah, Pemkab Sergai Gelar Pembinaan Statistik Sektoral dan Sosialisasi Desa ‘Cantik’

Marine Sohadi juga menyoroti salah satu indikator keberhasilan statistik daerah adalah Indeks Pembangunan Statistik (IPS). Pada tahun 2023, nilai IPS Sergai tercatat sebesar 1,4 dan pada tahun 2024 meningkat menjadi sekitar 2 koma sekian, yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengelolaan data statistik.

“Kami berterima kasih atas kerja sama yang baik, sehingga nilai IPS kita meningkat dari kurang menjadi cukup,” tambahnya.

Dalam sesi materi, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai, Ingan Malem Tarigan memaparkan tentang Penyelenggaraan Statistik Sektoral di lingkungan Pemkab Sergai.

Baca juga : Pemkab Sergai dan BPJS Ketenagakerjaan Bahas Peningkatan Universal Coverage bagi Pekerja Rentan

Ia menjelaskan Dinas Kominfo berperan sebagai Walidata yang mencakup pengumpulan, pemeriksaan, pengolahan, analisis, dan publikasi data statistik.

“Sebagai Walidata, Dinas Kominfo bertanggung jawab untuk memastikan bahwa data yang dikumpulkan dan dipublikasikan adalah akurat dan bermanfaat bagi perencanaan serta pengambilan keputusan di pemerintah daerah,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan Kabupaten Serdang Bedagai dapat mewujudkan visinya sebagai daerah yang Mandiri, Sejahtera, dan Religius, dengan dukungan statistik sektoral yang lebih baik dan terintegrasi. (damanik/hm18)

Related Articles

Latest Articles