10 C
New York
Tuesday, October 15, 2024

Tiang Beton Terlantar di Halaman Warga, PLN: Bukan Hanya untuk Konstruksi Listrik  

Deli Serdang, MISTAR.ID

PT PLN Rayon Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang kembali memberikan tanggapan terkait tiang listrik beton yang terlantar di halaman warga di Desa Pagar Jati Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang.

Manager PLN Rayon Lubuk Pakam Fika Timmy Napitupulu kepada mistar.id mengatakan jika tiang listrik beton tersebut tidak hanya bisa dimiliki oleh pihak PLN. Melainkan tiang beton yang bebas dipasarkan.

“Selamat malam Pak. Izin merespon berita yang bapak terbitkan bahwa tiang listrik beton yang bapak sebutkan merupakan tiang beton yang bebas dipasarkan dan tidak hanya digunakan untuk keperluan konstruksi PLN,” jawab Manager PLN Rayon Lubuk Pakam melalui WhatsApp, Senin (14/10/24) malam.

Fika lantas menjelaskan bahwa tiang beton dapat pula digunakan untuk menopang beban. Tiang beton, menurutnya, banyak digunakan untuk konstruksi bangunan berat, seperti gedung bertingkat dan untuk jembatan.

Baca juga: Tiang Listrik Beton Terlantar di Deli Serdang Bukan Milik PLN

Terpisah, penjelasan Fika ini ditanggapi sejumlah warga Lubuk Pakam. Salah seorang warga yang mengetahui keberadaan tiang beton tersebut, A Pane mengatakan jika tiang beton untuk PLN dan tiang beton untuk konstruksi cukup berbeda.

“Beda peruntukan tiang beton konstruksi dengan tiang beton listrik. Coba saja tiang listrik beton PLN digunakan untuk tiang konstruksi bangunan tinggi, pasti berantakan. Tiang beton yang dipindah ke halaman rumah warga tersebut merupakan tiang listrik PLN,” ujar A Pane.

Alasannya karena di sekitar tumpukan tiang beton ditemukan adanya jumper dengan sebuah stop kontak yang merupakan penyambungan langsung tanpa melalui alat pembatas dan pengukur kWh meter. Dengan melakukan jumper, aliran listrik yang tersalur tidak terukur oleh kWh meter.

“Pelanggan PLN tidak disarankan untuk melakukan kegiatan ini. Karena termasuk dalam penyalahgunaan pemakaian energi listrik,” ungkap A Pane lagi.

Dikonfirmasi mengenai jumper tersebut, Fika tidak lagi meresponnya.

Baca juga: Tiang Listrik Beton PLN Dibiarkan Tergeletak di Pinggir Jalan Lubuk Pakam

Serupa dengan Surya Sahputra Sitepu, Manager Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumut.

Mantan Manager PLN Rayon Lubuk Pakam tersebut juga tidak menjawab konfirmasi mistar.id.

“Mejuah-juah bang,” tulis Surya via whatsApp dan selanjutnya tidak berkomentar lagi. (sembiring/hm20)

Related Articles

Latest Articles