21.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Soal Dugaan Kutipan di SMAN 2 Lubuk Pakam, Kasi SMA Disdik Sumut Turun Tangan

Deli Serdang, MISTAR.ID

Kepala Seksi (Kasi) SMA Dinas Pendidikan Sumut telah mendatangi SMA Negeri 2 Lubuk Pakam di Jalan Hamparan Perak, Desa Pagar Marbau III, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang.

Kedatangan itu untuk mengecek soal dugaan adanya kutipan berbagai kegiatan di sekolah tersebut yang berujung memberatkan para orang tua peserta didik.

Penjelasan ini disampaikan Kepala Sekolah (kasek) SMA Negeri 2 Lubuk Pakam, Sari Manurung via seluler, Senin (24/6/24) malam. “Benar, Kasi SMA sudah datang ke sekolah dan melakukan konfirmasi langsung kepada peserta didik tanpa sepengetahuan pihak sekolah,” ujarnya.

Dari hasil penyelidikan Kasi SMA, sambung Sari, tidak ada siswa yang mengaku keberatan dengan adanya berbagai biaya kegiatan di sekolah. Pun begitu, Sari Manurung tidak menampik adanya keberatan dari orang tua peserta.

“Kita menduga para orang tua dikerjai anaknya dengan mengatakan ada kegiatan dan harus bayar. Sehingga orang tua peserta didik memberikan uang sebagaimana yang diminta. Namun ternyata uang itu akal-akalan dari peserta didik untuk mendapat uang tambahan dari orang tuanya,” jelasnya.

Baca Juga : SPP Bulanan SMAN 2 Lubuk Pakam Naik, Kutipan Lain Tetap Jalan

Sebab, kata dia, ditemukan adanya salah seorang peserta didik yang meminta uang kepada orang tuanya sebesar Rp200 ribu dengan alasan kegiatan sekolah.

“Ternyata hal itu tidak benar sama sekali. Itu berdasarkan pengakuan langsung dari peserta didik kita,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, August Sinaga Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Pendidikan Wilayah I membenarkan jika pihaknya telah menugaskan Kasi SMA untuk mengecek ke sekolah tersebut.

Namun August belum memperoleh keterangan dari Kasi SMA yang ditugaskan itu. “Sabar ya. Kemarin sudah kita tugaskan Kasi SMA,” jawab August melalui Whats App. (sembiring/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles