6.9 C
New York
Monday, October 28, 2024

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pjs Bupati Sergai Sampaikan Pesan Bagi Generasi Muda

Sergai, MISTAR.ID

Menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96, Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) menggelar upacara di halaman Kantor Bupati, Sei Rampah, pada Senin (28/10/24).

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Parlindungan Pane memimpin jalannya upacara yang dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sergai, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Rusmiani Purba, para Asisten, Staf Ahli, jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Aparatur Sipil Negara (ASN), para pelajar, dan perwakilan Organisasi Kepemudaan (OKP).

Dalam amanatnya, Parlindungan menyampaikan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang menggarisbawahi pentingnya nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam membangun karakter bangsa yang kokoh.

Baca juga:Pemkab Batu Bara Deklarasi Pilkada Damai di Momen Peringatan Sumpah Pemuda 

“Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 adalah simbol tekad pemuda Indonesia untuk bersatu di tengah keberagaman,” ujarnya.

Momen peringatan tahun ini, yang bertepatan dengan transisi pemerintahan baru, disebutnya sebagai kesempatan strategis untuk mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

“Kualitas pemuda kita diukur dari IPP yang saat ini mencapai 56,33 persen, dengan pencapaian di berbagai bidang. Namun, perlu usaha lebih untuk mengoptimalkan potensi pemuda agar mereka mampu berperan aktif dalam pembangunan nasional,” tutur Pjs Bupati, seraya menyebut peningkatan di domain pendidikan, kesehatan, serta kesempatan kerja.

Mengangkat tema ‘Maju Bersama Indonesia Raya’, Menpora juga mendorong sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, masyarakat, dan berbagai sektor, guna menciptakan ekosistem pelayanan kepemudaan yang mendukung potensi pemuda.

Baca juga:Ragam Peringatan Hari Sumpah Pemuda Sejumlah Daerah di Sumut

“Kami mengapresiasi setiap kebijakan daerah yang berorientasi pada peningkatan IPP, karena dampaknya akan memperluas jangkauan pelayanan pemuda hingga seluruh pelosok negeri,” tambahnya.

Menutup sambutannya, Menpora menyerukan kepada generasi muda untuk terus berinovasi, mengembangkan kreativitas, dan berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

“Mari bersama wujudkan pemuda yang unggul, berdaya saing, dan siap mengawal masa depan bangsa menuju Indonesia Emas 2045,” paparnya mengakhiri. (damanik/hm16)

Related Articles

Latest Articles