22.4 C
New York
Saturday, August 17, 2024

Cerita Pembuat Replika Burung Garuda-Alutsista di Pawai HUT RI ke-79 Desa Kolam

Deli Serdang, MISTAR.ID

Kemegahan sejumlah replika yang ditampilkan saat pawai tujuh belasan warga Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sabtu (17/8/24), beberapa diantaranya menarik perhatian warga.

Salah satunya adalah replika burung Garuda. Banyak masyarakat yang mendekati dan berswafoto dengan kreativitas warga Dusun 2 itu. Sang arsitektur, Irwan, mengaku menghabiskan waktu selama satu bulan lebih untuk membuatnya.

Dikatakannya, pembuatan replika lambang negara itu merupakan rancangannya sendiri dibantu warga Dusun 2 untuk tahap penyelesaian. “Kalau Garuda 1 bulan 1 minggu pengerjaannya. Sistemnya saya yang merancang, kawan-kawan lain yang melanjutkan seperti ngecat dan lem kainnya,” ujar Irwan.

Tak hanya satu, Irwan mengaku merancang 4 macam replika. Selain burung Garuda, ia juga membuat replika kapal selam, tank dan mobil dinas Presiden Republik Indonesia pertama Ir Soekarno, yakni mobil REP 1 merk Buick, buatan Amerika 1939.

“Ini semua dari partisipasi masyarakat. Semua turut andil dalam pembuatannya. Ibu-ibu ini lah yang buatin kopi, gorengan, bapak-bapaknya ngerjain. Kami warga Dusun 2 kerja sama,” ungkapnya.

Baca Juga : Warga Desa Kolam Gelar Pawai Sebelum Upacara Kemerdekaan RI ke-79

Dijelaskan Irwan, dalam setiap pembuatan replika ia dan warga Dusun 2 menggunakan bambu, kain perca dan lem. Seluruh bahan diperoleh dari warga desa terkecuali bambu. “Yang beli cuma bambu, lem dan cat. Kalau kain perca kami minta partisipasi warga yang punya konveksi,” lanjutnya.

Irwan berjanji pada perayaan tahun berikutnya akan membuat sesuatu yang lebih megah lagi. Ia juga berharap warga Dusun 2 untuk terus kompak dalam setiap perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke depannya.

“Untuk tahun-tahun ke depan pasti lah ada lagi. Kalau bisa yang lebih gila lagi,” tutupnya. (putra/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles