21.9 C
New York
Monday, August 26, 2024

Bupati Sergai Ajak Daerah Bersinergi Capai Ketahanan Pangan

“Kami terus mendorong para penyuluh untuk aktif dalam memberikan edukasi kepada petani. Harapannya agar hasil produksi bisa terus meningkat. Ini adalah bagian dari komitmen kita untuk menjadikan Sergai sebagai daerah yang unggul di sektor pertanian,” katanya.

Acara panen raya ini juga menjadi ajang diskusi antara pemerintah daerah dan para petani terkait tantangan yang dihadapi dalam sektor pertanian. Beberapa isu yang dibahas meliputi akses terhadap pupuk, air irigasi, serta tantangan perubahan iklim yang dapat mempengaruhi hasil panen.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini menegaskan bahwa pemerintah daerah akan terus hadir untuk mendukung petani.

Baca juga: Pemkab Sergai Gelar Rakor Evaluasi Tindak Lanjuti Hasil ISPS

“Pemerintah selalu siap membantu dan berupaya mencari solusi terbaik untuk setiap tantangan yang dihadapi para petani. Kita ingin memastikan bahwa petani di Sergai bisa sejahtera dan mampu menjadi pilar ketahanan pangan di Sumut,” tegasnya.

Tak lupa, Bang Wiwik juga menggarisbawahi pentingnya sinergi antar wilayah dalam mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan di Sumut.

“Dengan kehadiran rekan-rekan kepala daerah dari Medan, Langkat, dan Batu Bara, kita bersama-sama menunjukkan bahwa ketahanan pangan tidak bisa dicapai oleh satu daerah saja. Dibutuhkan kolaborasi dan kerjasama yang erat antar wilayah untuk memastikan bahwa seluruh Sumut dapat memenuhi kebutuhan pangan,” jelasnya.

Baca juga: Jam Dinas, ASN Pemkab Sergai Duduk Santai di Warung Lemang Bakar

Ia juga mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh para kepala daerah yang hadir dalam upaya memperkuat sektor pertanian. Menurut Darma Wijaya, sinergi ini penting untuk menghadapi tantangan di sektor pertanian, termasuk perubahan iklim, akses terhadap sumber daya pertanian, dan teknologi pertanian yang lebih maju.

“Sinergi ini kita butuhkan agar tidak hanya Sergai, tetapi seluruh Sumut, bisa menjadi lumbung pangan yang kuat. Dengan begitu, kita dapat lebih mandiri dan tidak terlalu bergantung pada impor,” tambahnya.

Hadir pula dalam kesempatan ini Kapolres Sergai AKBP. Jhon Hery Rakutta Sitepu, Kajari Sergai Rufina Ginting, SH, Kadis Pertanian Deddy Iskandar, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, dan perwakilan pihak terkait. (damanik/hm25)

Related Articles

Latest Articles