26.6 C
New York
Tuesday, August 27, 2024

Bupati Sergai Ajak Daerah Bersinergi Capai Ketahanan Pangan

Sergai, MISTAR.ID

Guna memperkuat ketahanan pangan dan memajukan sektor pertanian di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, Bupati H. Darma Wijaya mengajak setiap daerah untuk bersinergi capai ketahanan pangan.

Hal ini diungkapkannya saat menghadiri panen raya di Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Minggu (25/8/2024). Acara ini berlangsung di area persawahan milik Kelompok Tani Tunas Harapan, yang berhasil mencapai hasil panen hingga 7-8 ton per hektar.

Pada panen raya kali ini hadir pula sejumlah kepala daerah yang turut mendukung sinergi antar wilayah dalam mewujudkan ketahanan pangan Sumatera Utara (Sumut). Di antaranya adalah Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution, Pj. Bupati Langkat M. Faisal Hasrimy, dan Pj. Bupati Batu Bara Heri Wahyudi Marpaung.

“Alhamdulillah, hasil panen kali ini sangat memuaskan. Ini merupakan bukti bahwa upaya keras kita bersama, baik dari para petani, penyuluh, maupun pemerintah daerah. Usaha kita telah membuahkan hasil,” ujar Darma Wijaya.

Baca juga: Pemkab Sergai Serahkan Insentif Pembinaan Atlet Sepak Takraw

Menurut Bupati, pencapaian ini semakin mengukuhkan posisi Kabupaten Sergai sebagai lumbung padi nomor dua di Sumut sekaligus sebagai contoh sukses bagaimana sinergi antara pemerintah, petani, dan penyuluh bisa menghasilkan produktivitas yang tinggi.

“Dengan pencapaian ini, kami berharap dapat memperkuat kerja sama dengan daerah lain, untuk bersama-sama meningkatkan produktivitas pertanian di Sumut,” tambahnya.

Darma Wijaya juga menekankan pentingnya keberlanjutan dalam sektor pertanian. Ia menyampaikan bahwa Pemkab Sergai terus mendorong para petani untuk meningkatkan produktivitas dengan mengoptimalkan penggunaan pupuk non-subsidi, serta mendukung upaya pemerintah dalam mencetak lahan sawah baru.

“Kita harus bisa mandiri dalam bidang pertanian, terutama dalam hal pemupukan dan pengolahan lahan. Dengan begitu, ketergantungan terhadap subsidi dapat kita kurangi, sehingga pertanian kita bisa lebih berkelanjutan,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab Sergai Matangkan Persiapan Sambut Kirab Api PON XXI Aceh-Sumut

Bupati juga mengapresiasi dedikasi para penyuluh pertanian yang terus memberikan bimbingan dan pendampingan kepada para petani. Menurutnya, peran penyuluh sangat krusial dalam memastikan petani dapat mengadopsi teknologi dan metode pertanian yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Related Articles

Latest Articles