17.7 C
New York
Tuesday, July 2, 2024

Budaya Sebagai Penggerak Pembangunan yang Berkelanjutan

Sergai, MISTAR.ID

Pj. Sekdakab Rusmiani Purba menilai jika budaya adalah salah satu penggerak pembangunan yang berkelanjutan, khususnya di Serdang Bedagai (Sergai).

Pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab), masih kata Rusmiani, siap untuk bersama-sama mencari solusi atau jalan keluar dengan berinovasi untuk menjaga dan mengembangkan kebudayaan yang telah ada.

“Kegiatan ini sebagai momentum untuk menjalin komunikasi yang lebih erat antara pemerintah, masyarakat, dan para pelaku kebudayaan. Bersama-sama kita berkomitmen untuk menjadikan kebudayaan sebagai penggerak utama pembangunan yang berkelanjutan. Mari bersama-sama kita cari solusi,” kata Rusmiani saat menghadiri kegiatan Pemutakhiran Pokok-Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) di Aula Sultan Serdang Kompolek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (2/7/24)

Di Sergai sendiri, sedikitnya ada 10 objek pemajuan kebudayaannya dari setiap etnis. Baik berupa tradisi lisan, manuskrip, bahasa, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, permainan rakyat, hingga olahraga tradisional yang diteruskan dari generasi ke generasi.

Baca juga: UPTD Taman Budaya Dukung Pegiat Seni di Sumut Lestarikan Budaya Lokal

“Semua itu menjadi bagian tak terpisahkan dari kekayaan kita yang patut dilestarikan dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Menurut Kadis Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Poraparbud), Akmal, dengan memberikan informasi terkait pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah kepada masyarakat pemerintah memiliki matriks hasil kajian analisis.

“Masyarakat yang termasuk budayawan, sejarawan, seniman, lembaga, komunitas, sanggar dan kampung budaya dapat mengimplementasikannya untuk kemajuan kebudayaan daerah jangka panjang,” kata Akmal. (damanik/hm20)

Related Articles

Latest Articles