8 C
New York
Tuesday, October 15, 2024

6.078 Jiwa Terdampak Banjir di 7 Kecamatan Sergai, BPBD: Banjir Berangsur Surut

Sergai, MISTAR.ID

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara mengungkapkan ada 6.078 jiwa yang terdampak banjir di 7 Kecamatan di Sergai.

Bencana alam banjir tersebut terjadi saat hujan deras yang terjadi pada hari Rabu dan kamis (9-10/24) sekitar pukul 05.00 wib.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sergai (Serdang Bedagai) Fritz Euki Prapanca Damanik menjelaskan, pihaknya sudah melakukan beberapa upaya dengan cara berkoordinasi serta membentuk tim satgas memantau keadaan banjir.

“Kami sudah melakukan koordinasi kepada Pemerintah Kecamatan/Desa serta kepada Babinsa, Kordinasi terus menerus Kepada BWS II Sumut, dan kami juga sudah membentuk tim satgas memantau keadaan banjir secara terus menerus” Terangnya, Selasa (15/10/24).

BPBD Sergai juga tidak menampik adanya kendala kendala yang dialami saat menghadapi bencana banjir ini.

Baca juga: Dampak Hujan dan Meluapnya Sungai Bah Bolon, Sejumlah Tempat di Simalungun Banjir

“Kami masih mengalami kendala seperti kekurangan logistik dan peralatan karena keterbatasan anggaran. Peralatan transportasi sangat kurang dan jumlah personil satgas sedikit. Untuk saat ini kami masih menunggu perbaikan tanggul jebol dari BWS II Sumut,” ungkapnya.

Dihimpun Mistar.id, berikut data lokasi kejadian jumlah korban dan kondisi terkini dari BPBD Sergai pada Selasa (15/10/24). Tercatat, Kecamatan Tebing Tinggi berjumlah 487 kepala keluarga (KK) dengan jumlah jiwa 1.878 jiwa.

Dengan rincian, Desa Bah Sumbu berjumlah 236 kepala keluarga (KK) sebanyak 944 jiwa. Dusun 1, berjumlah 21 KK sebanyak 84 jiwa. Dusun 2, berjumlah 5 KK jumlah jiwa 20 jiwa. Dusun 3, berjumlah 3 KK sebanyak 12 jiwa. Dusun 6, berjumlah 107 KK sebanyak 428 jiwa. Dusun 7 berjumlah 100 KK sebanyak 400 jiwa, untuk kondisi saat ini sudah mengalami surut total.

Desa Jambu berjumlah 61 KK dengan jumlah jiwa 244 jiwa. Dusun 2, sebanyak 61 KK untuk kondisi saat ini sudah surut total. Sedangkan di Desa Mariah Padang
warga terdampak banjir sebanyak 190 KK dengan jumlah jiwa 690 jiwa untuk kondisi saat ini sudah berangsur surut.

Baca juga: Newsroom: BPBD Tebing Tinggi Terus Lakukan Pencarian Bocah yang Hanyut Terseret Banjir

Kecamatan Sipispis warga yang terdampak berjumlah 15 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 60 jiwa. Banjir tersebut terjadi di Desa Simalas, Dusun 1 sebanyak 15 KK berjumlah 60 jiwa, untuk kondisi saat ini sudah berangsur surut.

Related Articles

Latest Articles