8.7 C
New York
Wednesday, October 16, 2024

4 Hari Sebelum Lengser, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Lau Simeme

Begitu juga dengan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang datang secara bergelombang ke area peresmian.  Sejumlah pelajar SMP mengaku sudah tidak sabar melihat Presiden.

“Kami dari SMP Negeri 1 Biru-biru. Pagi-pagi datang dan ganti baju putih biru seharusnya hari ini pakai baju pramuka. Kami datang diundang dari sekolah. Mau lihat Pak Jokowi,” kata murid SMP tersebut saat ditanyai.

Usai peresmian, Jokowi dan rombongan terbatas akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Asahan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Baca juga: Pj Gubsu Sebut Bendungan Lau Simeme Rampung Juni 2024

Informasi diperoleh menyebutkan, konstruksi bendungan  dibangun secara bertahap dalam dua paket biaya APBN.

Bendungan Lau Simeme didesain dengan timbunan batu memiliki tinggi 77 meter, lebar puncak bendungan 11 meter dan panjang puncak bendungan 205 meter dengan luas area genangan 246,80 hektare.

Kehadiran Bendungan Lau Simeme diproyeksikan memiliki manfaat sebagai sumber irigasi lahan pertanian di wilayah Bandar Sidoras seluas 3.082 hektare dan daerah irigasi Lantasan 185 hektare. Selain berpotensi sebagai penyediaan air baku kepada PDAM Tirtanadi dan Tirta Deli sebesar 3 meter kubik per detik.

Diharapkan dapat mereduksi derasnya aliran air hulu Sungai Percut dan Sungai Deli saat musim hujan sebesar 86 meter kubik per detik.

Bendungan Lau Simeme berada di bawah pengelolaan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR dengan Wilayah Sungai Belawan-Ular-Padang.

Pembangunan bendungan dilakukan dengan membendung Daerah Aliran Sungai (DAS) Percut seluas 99,82 kilometer persegi.

Kehadiran bendungan diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai sumber pembangkit listrik (PLTA Minihidro) sebesar 2,80 megawatt dan mendukung sektor pariwisata di Provinsi Sumatera Utara. (sembiring/hm20)

Related Articles

Latest Articles