8.7 C
New York
Wednesday, October 16, 2024

4 Hari Sebelum Lengser, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Lau Simeme

Deli Serdang, MISTAR.ID

Dalam kunjungan kerjanya di Sumatera Utara (Sumut), Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Lau Simeme di Kecamatan Biru Biru Kabupaten Deli Serdang, Rabu (16/10/24).

Jokowi mengatakan, Bendungan Lau Simeme merupakan bendungan ke-47 yang telah diresmikan selama dirinya menjabat selama 10 tahun.

Lau Simeme dibangun sejak 2018, artinya sudah 6 tahun proses pengerjaan. Anggaran Bendungan Lau Simeme, kata orang nomor satu itu menghabiskan biaya Rp 1,76 Triliun.

Bendungan ini bisa mereduksi banjir di Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang sekaligus menyediakan air baku dan mengairi sawah masyarakat sekitar.

Baca juga: Hari Ini, Presiden Jokowi Resmikan Sport Center dan Bendungan Lau Simeme di Deli Serdang

Disebutkan Presiden yang empat hari lagi berganti dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto,  Bendungan Lau Simeme ini sangat besar, memiliki genangan 125 hektare dan volume tampungnya 21 juta hektare meter kubik.

“Saya harap bermanfaat bagi Provinsi Sumatera Utara,” ujar Jokowi.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim. Saya resmikan Bendungan Lau Simeme di Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Terima kasih Wassalamualaikum,” kata Jokowi dilanjutkan penekanan tombol sirene dan tepuk tangan ratusan undangan yang hadir.

Pelajar SD berjalan dari sekolah berbaris rapi mengibarkan replika bendera merah putih menuju area area bendungan untuk melihat Presiden Jokowi.
Pelajar SD berjalan dari sekolah berbaris rapi mengibarkan replika bendera merah putih menuju area area bendungan untuk melihat Presiden Jokowi. (f: sembiring/mistar)

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti. Presiden didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni, Kapolda Sumut Irjen Whisnu Hermawan Februanto dan Penjabat Bupati Deli Serdang Wiriya Alrahman serta Ditjen SDA Kementerian PUPR, Bob Arthur.

Pantauan mistar.id, ratusan pelajar sekolah dasar terlihat antusias untuk melihat orang nomor satu di Indonesia tersebut. Mereka berjalan dari sekolah, berbaris rapi mengibarkan bendera merah putih.

Related Articles

Latest Articles